Lahirnya Gesang

Bicara tentang kelahiran, pastinya bicara tentang keajaiban. Salah satunya  adalah kelahiran Gesang,
Jadii ceritanya selama hamil Gesang kan kontrolnya di Jakarta. Tapii karena satu dua hal, diputuskanlah melahirkannya kita pulang kampuang ke Padang wkwk. Otomatis ganti dokter dong.
Nah, waktu di Jakarta HPL (Hari Perkiraan Lahir) yang kita pegang adalah HPL berdasarkan hasil USG pertama. Sedangkan di Padang, dokternya pake HPL berdasarkan HPHT (Hari Pertama Haid Terakhir). Nah, dengan dua teori itu jadi ada gap HPL sekitar 11 hari (^.^") dimana lebih cepat HPL berdasarkan HPHT,

Sampailah pada hari itu..
Itu H+9 dari HPL berdasarkan HPHT. Ini hari penentuan.. karena sorenya adalah hari kontrol terakhir. Mau liat kondisi babynya, tar baru diputuskan akan tetap nunggu supaya lahiran normal atau bakal tindakan SC. Dengan beberapa pertimbangan antara lain usia kandungan yang sudah melewati HPL. Terus, resiko bayinya semakin besar jadi makin sulit normal (karena bayi di kandungan saya memang cenderung besar)
Dan ini udah minggu kedua merutinkan jalan pagi (biasanya saya cuma senam hamil aja). Tapi kok ya hari itu berasa kurang seger aja dari biasanya. Baru jalan sedikit tapi udah capek. Paling cuma jalan 15 menit hari itu, Terus lanjut naik turun tangga. Kemudian menyerah, pulang (^.^" )
Sampai di rumah pun langsung tidur. Terus siangnya, jemput suami ke bandara. Nah pulangnya mulai muncul sedikit flek. Katanya sih itu pertanda bagus, tanda bakal ada kontraksi. Tapi kok belum ada berasa mules-mules yaa (^.^" )

Sorenyaa..
Kontrol ke dokter deh. Sedikit gembira, karena ada harapan karena ada flek tadi, Tapii.. yang mengejutkannya adalah waktu di USG posisi bayinya malah agak telentang (harusnya telungkup kepala dibawah menuju 'pintu lahir') Nah loh. Padahal selama ini tiap kontrol, posisi bayinya selalu bagus. Dan kepala juga udah dibawah. Dengan beberapa pertimbangan, diputuskanlah sore itu kalau akan dilakukan tindakan SC pada sore esok harinya. Dengan catatan, kalau emang berasa sakit lagi atau gimana-gimana langsung aja ke RS.

Pulang dari dokter ya udah kita pasrah. Mungkin emang yang terbaik ya. Meskipun waktu itu masih pengen normal, apalagi HPL dari USG masih belum sampe, tapi kan kita di dokter yang ini melahirkannya, jadi ya manut dong. Malemnya beres-beres tuh, dan udah makin sering mules, sambil berdoa mudah-mudahan besok pagi bisa lahiran normal. Makin malem makin sering tuh mulesnya, tapi masih bisa tahan, masih bisa ketawa-ketawa sama suami. Tapii akhirnya gak tahan lagi.

Sekitar jam 12 malem, saya minta ke RS. Nah, itu udah dalam kondisi yang sakiit banget. Saya jalan udah sambil jongkok-jongkok, nungging-nungging. Di mobil pun, udah gak bisa duduk di bangku lagi, tapi sambil jongkok dibawah (^o^" )

Di Rumah Sakit, langsung masuk IGD. Daaann.. ternyata udah bukaan 5-6. Waahh..
Itu kondisinya duuhhh gak kebayang deh. Karena selama hamil, saya gak mau baca apapun berkaitan sama proses melahirkan. Kenapa? Takut! Tapi disisi lain, karena percaya aja itu alamiah perempuan, jadi ya bakal bisa aja lah gitu. Akibatnya, bidannya pada ngomel, ngasih instruksi ini itu. Tapi gak denger, alias otak gak proses, karena ya sakitnya itu. Saya cuma inget disuruh miring ke kiri sama jangan ngeden dan teriak karena bakal abisin tenanga. Ya saya ikutin semampunya. Kalau diinget-inget sekarang ya, kayanya itu heboh banget deh, mana dini hari kan. Apalagi kalau bandingin sama buibu lain yang di video ig tuh, saya berasa chaos banget wkwkk.

Gak lama di IGD, saya dibawa ke ruang bersalin, Nah, disitu saya makin kesakitan. Udah gak berhenti doa deh pokoknya. Udah gantian keluarga yang dampingin saya, teruuuss nyuruh doa. Sekitar setengah 3 dini hari itu, bidannya bilang pembukaan udah lengkap. Dan dokternya pun udah menuju ruang bersalin.

Saya masih inget kalimat bu dokternya kira-kira gini, wah jadi juga ya kamu normal. Wah, udah keliatan tuh rambutnya. Ayok dikeluarin.
Berlangsunglah proses itu kaann..
Ayok, sekali lagi ini sekuat tenaga ya, tuh pas in keluarnya jam 3 ya.
Daaannn.. Hwaaaa!!

Langsung kedengeran suara ini bocah. Alhamdulillah!!!
Gak kebayang deh, gimana perasaan waktu itu. Saya nangis, teriak, ketawa, campur aduk. Udah gak inget sakit kontraksi tadi. Buibu yang udah melahirkan pasti ngerti.
Abis dibersihin, langsung deh bayinya dikasih ke saya, langsung didekap. Itu dokter kerja mau jait, mau ngeluarin semua darah, ya terserah. Udah gak berasa lagi sakitnya karena bayinya udah didada. Saya resmi jadi ibu.


Lahirnya Gesang, dengan BB melebihi 3.5 kilo, secara normal, pada hari itu, itu adalah keajaiban bagi saya.
Harinya, H-1 dari HPL berdasarkan USG.
Harinya, H+1 dari datangnya ayahnya.
Waktunya, "singkat" dibanding cerita orang-orang yang kontraksi bisa lebih semalaman.
Caranya, melawan logika posisinya yang akhirnya bisa keluar normal.
Dokternya, katanya udah lama gak bisa melayani pasien dini hari tapi malam itu beliau datang.
Dan itulah lahirnya Gesang, berasa seluruh semesta menyambut dia.

Gak ada lagi yang bisa diucapkan, Alhamdulillah Allahu Akbar!!

Salam, Nasha.

0 Comentarios

Mau nanya atau sharing, bisa disini!