Persiapan Melahirkan pt. Belanja

Waah, kalau ini part favorit nih! Yeay!! Pasti buibu udah gak sabar dibagian ini kaann. Duuhh, perlengkapan bayi itu emang lucuuu semua yaa. Tapi bingung deh, apa aja sih yang perlu dibeli?
Katanya, itu gak perlu. Tapi, ada yang bilang perlu. Mana lucu semua kaan. Duh bingung ya!

Cuma ada foto pas belanja pertama ini aja ^^"
Eits, tapi sebelum bahas ini itu, ada satu hal yang perlu buibu aware soal perlengkapan bayi, yaitu ketentuan produk bayi wajib Standar Nasional Indonesia atau SNI. Ini tertuang dalam UU No. 3 Tahun 2014 Pasal 120 Ayat 1 dan 2 (lengkapnya ini) yang intinya semua produk bayi (definisi anak usia 0-3 tahun) wajib terstandardisasi secara nasional Indonesia. Kenapa sih mesti SNI segala? Simpelnya, pemerintah ingin melindungi warganya dengan membuat ketentuan itu, jadi produsen gak seenaknya menggunakan produk-produk yang 'tidak aman'untuk bayi yang masih sensitif.

Sebelum belanja, udah diwanti-wanti dulu sama orang-orang tau supaya jangan kalap wkwk. Beli seperlunya aja dulu, tar uga bisa tambah kalau kurang, jangan sampai mubazir, makenya juga sebentar kok. Demikian kalimatnya ;D Jadii, list ini sangat subjektif dan sesuai kebutuhan, serta saya bikin dalam jumlah 'cukup' sehingga berdasarkan pengalaman, barang-barang tersebut antara lain adalaaah

PERLENGKAPAN BAYI


1. Pakaian
- Baju Lengan Pendek 6
- Celana Pop 12
- Baju Lengan Panjang 6
- Celana Panjang 6
- Singlet 6
- Popok 12
- Gurita 6
- STK (Sarung Tangan Kaki)  3
- Topi 3
- Kain bedong 12

Notes: Saya gak beli baju kutung kaena rasanya baby baru lahir belum butuh. Popok dan celana emang perlu banyak karena itu yang paling sering gonta-ganti. Kain bedong dibanyakin juga bisa dipakai untuk alas :D
Saya sempet beli jumper kutung, kjumper tangan pendek, dan sleepsuit, masing-masing 1 set. Gak kepake --'' Mulai dipakein waktu Gesang udah agak gedean, jadi udah sempit. Malah yang kutung gak kepake sama sekali --"

2. Perlengkapan Mandi
- Bak Mandi 1
- Handuk 2
- Washlap 2
- Baby Bather
- Baby Bath Top to Toe 1

Notes: Aku pilih Baby Bath Top to Toe biar lebih simpel aja, satu botol untuk rambut sama badan. Mau tambahin shampo juga silahkan. Terus, baby bather sih itu yang worth buatku. Awalnya aku mandiin Gesang diatas perlaknya aja terus dibilas di bak mandi. Tapi makin gede ya udah gak bisa --" Jadinya pake Baby Bather di kamar mandi buat sabunin dan bilas disana dulu sebelum diceburin ke bak mandi. 

3. Produk Perawatan Luar
- Minyak Telon
- Baby Lotion/ Baby Cream
- Hair Lotion
- Baby Cologne

Notes: Produk ginian mah banyak yang jual set nyaa wkwk. Tergantung emak2nya aja nih suka wangi yang mana. Dan menurut aku sih semua merk sama aja, mau yang mahal udah lolos berbagai ujian ataupun merk yang supermarket-able, selagi kulit anaknya gak sensitif dan normal yaa. Eh ya, yang kasih kado beginian juga bakal banyak kok :p

4. Peralatan Tidur
- Box Bayi
- Kasur Bayi
- Set Bantal Bayi
- Kelambu

Notes: Nah kalau box bayi ini sebenarnya opsional, ada yang bentuknya baby crib ada yang baby craddle, dsb aku pun kurang paham wkwk tapi penting menuurutku adalah bayinya nanti punya 'ruang' sendiri. Kalau box Gesang ini udah turunan dari ibunya (yeay!) tinggal dimodif dikit terus ditambahin laci-laci untuk simpen baju-bajunya. Jadi simpel. Busa beli lagi. Kelambu juga beli. Nah, kalau Gesang gak aku kasih bumper, karena... panas -.- Buat pengaman pinggir awal-awal itu aku taruhin bantal dia aja. Kembali lagi itu pilihan masing-masing yaa.

5. Penunjang lain-lain
- Perlak 2
- Kain kasa atau kapas steril
- Termometer 1
- Diaper Bag 1
- Cotton Buds
- Tisu Basah
- Kain Gendongan 1
- Kapas Bulat/ Kiloan

Notes: Itu list yangmenurutku harus ada yaa. Yang opsional sih kaya selimut dacron, tudung kelambu, detergent, gunting kuku. Itu diantara baran yang aku beli tapi gak berfungsi maksimal wkwk. Selimut dacron itu cuma dipake waktu pulang dari RS. Karena cuaca panas, jadi kalau pake itu ya jadi makin panas. Terus, tudung kelambu gak kepake sama sekali karena babynya di box kan ya, udah ada kelambu juga. Ini tergantung sih, Alhamdulillah dirumahku gak banyak serangga siliweran juga. Gegayaan beli detergen bayi ujung-ujungnya pake detergen cair biasa dirumah juga wkwk. Selain itu, aku juga beli sisir dan gunting kuku, tapi ujung-ujungnya aku pake gunting kuku yang biasa aja karena lebih tajam. Kalau yang punya bayi, agak tumpul jadi malah makin susah motongin kukunya, menurutku. Terakhir, kapas itu kalau ada mending yang kiloan sih, kita bisa takar pakenya berapa dan yaaa lebih murah dong wkwkkw

PERLENGKAPAN IBU
- Pembalut Bersalin
- Breastpad
- Gurita Melahirkan
- Stagen
- Nursing Cover
- Bantal Menyusui

Notes: Kenapa aku bikin stagen dan gurita melahirkan? Karena setelah nyoba keduanya, hari-hari setelah melahirkan itu enakan pake stagen, karena lebih kuat, sehingga kalau beraktiftas gak berasa pusing gitu. Tapi buat yang mesti make sendiri, gurita juga gapapa. Aku juga cuma sebulanan make stagen. Bantal menyusui sih yang worth buat aku, karena banyak yang bilang duh pake bantal biasa aja orang dari dulu juga gitu. Tapiii kalau udah dapet pw nya pake ini bantal, jadi terbantu banget. Jadi gak pegel, baby mau nyusu pun kita tetep betah nyusuin kan.

Pengalamanku sih, emang gak bisa kontrol diri saat belanjaa. Lucuuu aja semua. Harganya sih gak mahal ya kalau dihitung per pc. Tapiii kan kita beli lusinan, mana jenis barangnya banyak. Jadi biayanya bisa bengkak deh wkwk Terus, waktu itu aku masih mikir yang mahal adalah yang terbaik. Padahal ya belum tentu. Banyak produk yang awal-awal aku beli yang 'katanya' paling bagus yang merknya susah buat disebut dan tentunya dengan harga yang tinggi, tapi makin kesini aku cobain produk 'aman' yang lebih 'ramah'. Alhamdulillah, aman-aman aja tuh. Yang lebih mahal jelas ada keunggulannya. Tapii, kalau kita gak butuh 'keunggulan' itu ya buat apa? Yang penting perhatiin SNI-nya, kandungannya, nyaman di baby-nya, dst.

Dan sesungguhnya wahai buibu sekalian, selagi baby shop terjangkau ya kalau ada yang kurang atau dirasi butuh kan bisa beli lagii. Daripada mubazir kaan. Gak bisa keluar pun, kan ada handphone yang sangat memungkinkan untuk keta online shopping ;;) Juga gak perlu galau dan pusing gituu, karena kebanyakan baby shop udah menyediakan kertas list yang isinya keperluan apa aja yang mau kita beli. Jadi semacam panduan gitu untuk yang mommy-to-be. Tar tinggal ceklis-ceklis deh mana aja yang perlu, dan pelayannya biasanya mau kok untuk ditanya-tanyain. Tapi teteeep ya harus ada bekel dulu dari rumah. Cari tau. Karena yaaa namanya juga orang jualan, maunya dagangan laku banyak untung gede dong yaaa ;))

0 Comentarios

Mau nanya atau sharing, bisa disini!