Menyapih Minim Drama: How to & Tips Menyapih dengan Cinta

Cerita penyapihan anak kedua dan anak pertama itu beda ya ternyata. Waktu menyusui dan menyapih anak pertama aku gak ada galau-galaunya, muluuus sekali jalannya, no drama. Tapi beda cerita dengan anak kedua, lebih galau, ada dramanya, ada ceritanya, dan memang lebih melelahkan ya :')

Kalau dulu santai aja menyimpulkan menyusui itu gampang kok, tapi sekarang, eh perjuangan banget ya menyusui itu. ingin bertukar peran aja sekali-sekali :')


menyapih anak kedua

Perjalanan Menyusui

Saba ini, dari awal-awal menyusui kan udah ada ya dramanya, baca disini. Nursing strike itu kali ya yang bikin aku bener-bener all out buat menyusui Saba. Dengan segala posisi, dengan waktu yang gak menentu, pokoknya terserah yang penting mau nyusu. Jadinya keterusan sampai sekarang. Setelah umur setahun pun dia masih bangun tengah malam buat nen. Aku waktu itu sih gak masalah, karena mikir yaudahlah daripada gak mau, ya mendinglah buat bantu boost bb nya. Tapi kenyataannya itu gak sehat juga. BB nya juga segitu-gitu aja. Dia nyusu juga bukan karena butuh, tapi lebih ke kebiasaan aja. Hal ini juga gak baik kan buat waktu istriahatnya, kwalitas tidurnya, yang jadi terganggu, harusnya bisa tidur lelap lama jadi kepotong-potong. Sistem pencernaannya juga, harusnya malam itu ya istirahat eh malah diajak kerja lagi. Efeknya juga 'sepertinya' ke perilaku anak, yang somehow jadi moody-an. Masuk akal sih ini jadi salah satu faktor pengaruh ke perilakunya, kita aja yang tidurnya keganggu-ganggu pas bangunnya bisa moody ngerasa kaya gak puas gitu kan, apalagi anak-anak gak ngerti apa-apa gitu.


Nah, aku baru galau dengan pola nyusu Saba ini di umur dia 20 bulanan. Dia yang dikit-dikit nen, ngerengek nen, digangguin nen, ngantuk nen, jadi bikin aku nyadar eh ini dia nen bukan karena butuh ya. Dia nen mah karena gak tau aja harus apa. Which is ini bukan hal baik ya menurutku, harusnya di umur dia itu, dia udah mulai paham bedanya kondisi badannya. Kalau ngantuk ya tidur, kalau lapar ya makan, kalau haus ya minum, kalau gak nyaman ya ngomong atau coba cari cara lain peluk misalkan. 


Pingin nyapih, tapi takut gagal :")

Belum apa-apa udah nyerah duluan. Jadilah aku nangis-nangis berdoa, berkeluh kesah ke Allah. Ada hari-hari aku menyusui dia dengan air mata loh. Ada malam-malam aku sholat dengan derai air mata. Sungguh. Aku minta dikuatkan, minta dimudahkan, atau ya berkeluh kesah aja cape banget nyusuin ini Ya Allah :')



Menyapih Tiba-tiba Dimulai

Setelah mulai bertekad untuk ngurangi atau menghilangkan nen siangnya (yang tentu saja gagal maning), suatu malam mendekati umur dia 2 tahun, Saba ngikutin Gesang mau minum susu kotak. Terus, aku nyeletuk aja bilang, kalau minum susu itu gak nen lagi ya. Ia pun mengiyakan. Baik, coba kita lihat, apakah aku sanggup..


Tentu aja ya, karena udah kebiasaan dia abis minum susu kotak gitu perlahan ngantuk dan minta nen. Terjadilah itu, aku nolak, pelan-pelan, loh kan tadi katanya kalau udah minum susu kotak gak nen lagi. Dia masih senyum-senyum aja tuh. Beberapa kali kaya gitu, sampai dia udah ngantuk berat dan mulai rewel, akhirnya aku nyanyiin sholawatin sambil digendong ayun-ayun. Terima kasih duhai pinggang. Akhirnya dia tidur sekitar jam setengah sebelas, lumayan ya telat dua ja setengah dari jadwal biasa, dan sekitar dua jam dia rungsing karena gak tau mau ngapain buat tidur.


Apakah sudah berakhir cerita malam pertama itu? Tentu belum, bestie. Tengah malam sesuai kebiasaan, dia bangun. Karena gak bisa nen (udah terlanjur aku ih) dia nangis, kasian, nangisnya nangis pelan sedih gitu bukan nangis teriak meronta-ronta gitu loh, terpotek hati ibu. Pingin aku kasih aja, tapi udah terlanjur tapi gimana ya tapii.. di tengah kegalauan aku mutusin ngasih apa nggak itu, dia udah ketiduran duluan.


Paginya, dia bangun dengan ceria. 

Aku pikir dia bakal bad mood, gloomy gitu, alhamdulillah nggak.


Tidur siang ini rasanya lebih gampang sih, karena dia cape juga kali ya, ngantuk juga, dan udah kebiasaan juga. Jadi ya sesuai jadwal biasanya aku ajakin ke kamar, aku alihkan perhatiannya dengan aktifitas di kasur kaya baca atau ngobrol-ngobrol atau nyanyiin aja. Terus pas dia ngantuk tapi masih belum dapat posisi dia minta gendong. Karena pinggangku udah gak memungkinkan lagi, aku ajak pangku peluk gitu, dia mau, gak lama akhirnya dia tidur. Meski lebih telat dari jam biasanya, gapapa.


Nah, di siang ini payudaraku mulai membengkak. Gak nyaman sama sekali. Pakai bra aja sakit, tapi kalau gak pake luberan asinya jadi ke baju :')

Gini amat ya menyusui tu ternyata.


Malam Kedua dan Seterusnya

Dengan payudara bengkak dan nyeri banget itu, Saba cuma mau digendong sama ibu. Dan dengan kondisi pinggang yang demikian, jadilah aku peluk pangku sambil diayun-ayun dinyanyiin. Lama-lama ketiduran juga nih anak. Syukur kakaknya gak rewel juga nih :')
Malam kedua ini lumayan sih daripada malam pertama, tidurnya sekitar setengah 10. Ibu jadi pingin party merayakan proses penyapihan ini. Tapi sayangnya anaknya keburu bangun di tengah malam, berualng lagi proses peniduran itu, ajaibnya dia ditawarin nen udah gak mau loh. Akahirnya ketiduran lagi di pangkuan ibu.

Begitu berulang di siang dan malam hari-hari selanjutnya. Tidurnya jadi lebih molor daripada biasa dan prosesnya jadi lebih panjang. Kadang bisa ketiduran aja langsung, kadang mesti digendong pangku gitu, sesanggupnya aku aja. Karena aku gak mungkin lagi gendong dia sambil berdiri gitu, jadi ya nikmati aja udah dia nangis gitu. Aku paham sih, dia gak mungkin instant dapetin cara untuk tidur sendiri, karena biasanya dia bergantng sama nen. Aku cuma bisa bantuin dia untuk menemukan lagi kenyamanan sebelum tidur itu.

tips menyapih mudah

Kesimpulan Menyusui

Dengan selesainya masa menyusui kedua anak ini, satu hal yang perlu selalu diingat oleh siapapun (baik menyusui atau nggak) adalah bahwa
Menyusui itu Perjuangan.
Gak mudah. Prosesnya panjang, butuh komitmen, butuh persiapan jiwa, raga, biaya, dan banyak hal yang jadinya digeser prioritasnya.
You named it. Paling perlu ini:

Komitmen, gimana pun kondisinya, halangannya, prioritasnya agar tetap bisa menyusui. Ada masalah, ada rintangan, langsung konsul sama yang lebih ahli, jangan asal putusin sendiri. Ada konselor, ada dokter, ada buku, ada bergaam banget pilihan sekarang.
Meski harus dipompa, meski berjauhan, meski.. meski... tantangan di tiap ibu yang ada aja. Apapun peran ibunya. Ntah pikiran yang meronta-ronta karena gak bisa apa-apa, merasa terikat dengan menyusui, hadapi. Mulai dari pola pikir, pahami kalau menyusui juga adalah aktifitas meski terlihat cuma sodorin payudara sambil rebahan. Aktifitas memberi nutrisi pada bayi, memberi dia kenyamanan, melekatkan hubungan, bisa disambil dengan mendoakan, atau nasehat ringan. 
Perlahan kalau pola pikir menyadari betapa berharganya aktifitas menyusui, hal-hal lain akan 'terlihat' lebih ringan. Meski pinggang ya tetep aja pegel ya. Leher juga bisa kaku juga. Tapi seenggaknya, gak ditambah dengan keluhan pikiran yang ngadi-ngadi.

Siapkan tubuh ibu sendiri. Selesaikan dulu urusan dasar, kaya sholat dan makan. Belum sholat tu kan bikin gak tenang ya, karena takut tar waktunya kelewat lah, ketiduran lah, dst. Pas adzan meski anak udah minta nen, sholat aja dulu. Begitu juga makan, kalau udah jadwalnya makan, walaupun belum lapar-lapar amat ya makan aja. Kalau laparnya barengan sama anak minta nen ya makan dulu. Seenggaknya kalau kenyang, pikiran lebih tenang. Gak usah berlagak berkorban mendahulukan anak, tar nya malah gak optimal. Isi dulu diri sendiri, baru bisa memberi.

Support dari orang sekitar. Ini antara bisa dan nggak dikontrol ya, tapi seengaknya bisa kita usahakan, dengan ngobrol, ngobrol, edukasi, edukasi, sumber informasi banyak banget, pilih yang terpercaya. Paling penting tentu ayahnya anak, lalu merembet ke orang tua/ mertua, karena biasanya mereka yang cukup pengaruh dengan kalimat, kamu dulu jg gitu sehat-sehat aja kan.
Ajak ke dokter anak, ajak ke konselor laktasi, share link dari dokter/konselor itu, share link artikel, ngobrol lagi, belajar cara ngomong (dengan I sentence misalkan).
Pinginnya sih yang orang-orang ini udah ngerti dari sananya ya, tapi kalau kenyataannya nggak, ya mudah-mudahan perjuangan kita buat kuat minta support dan ngasih tau ini ianggap sebagai amal mengASIhi juga ya :')

Ending Menyusui - Tips Menyapih

Kayanya di minggu kedua, Saba udah mulai dapet nyamannya tidur sendiri. Dia bisa guling-guling cari posisi, atau ketiduran pas lagi dibacaim, atau kadang minta dipeluk terus ketiduran juga. Gak kebangun lagi di tengah malam ataupun di tidur siangnya. Ditawarin nen udah gak mau. Jadi, aku benar-benar mengehentikan kebiasaan menyusui sampai tertidur ini, bukan dengan mengalihkan ke botol dot misalkan. Bahkan dia gak mesti minum susu, seperlunya aja. 
Aku bangga sama Saba, sama diriku sendiri, dan juga Gesang, karena dia semacam ngerti kalau adeknya lagi di fase 'sulit' sehingga dia gak nambah repot ibunya, malah sering meringankan.

Just like any other experiences, kuncinya ada di sounding-sounding-sounding dan doa-doa-doa-doa-doa.
Dari umur dua puluh bulanan itu, aku udah berkali-kali ngomong ke Saba, nyusunya cuma sampai umur dua tahun ya. Tar gak nyusu lagi ya, kalau lapar-makan, kalau haus-minum ya, kalau ngantuk-tidur ya. Begitu terus diulang-ulang. Anak-anak ini ngerti kok. Mungkin itu kenapa waktu pertama dia sapih, dia gak nangis meronta-ronta minta, tapi nangis sedih perpisahan :"

Tips selanjutnya, jangan tarik ulur. Kalau udah maju lanjutkan, jangan sampai mundur. Aku aja yang gak rencana gitu, maju terus kepalang tanggung sampe tiba-tiba udahan aja.

Minta support. Dari awal rencana aku nyapih, udah sounding ke suami nih, tar Saba tidurnya digendong ayah ya. Eh taunya, anaknya gak mau. Maunya cuma sama ibu, padahal dia anak ayah banget. Akhirnya aku semacam paham, oh ini hubungan antara ibu-anak yang harus juga diakhiri oleh ibu-anak dengan baik. Aku mulai menyusui ini dengan niat yang baik, jadi harus diakhiri dengan baik juga, oleh aku dan anakku.  Apakah itu artinya gak ada yang bisa dilakukan buat mendukung? Ya tentu ada, dukung ibunya. Pijit, kasih hadiah, dengarkan keluhannya, semangatin, bilang terima kasih, bawain makanan, hadir, temani, be there, and those things that you need in your love language. 

Lakukan bertahap. Ini step yang aku skip di Saba, tapi aku lakukan (tanpa niat, karena ikutin maunya dia aja) di Gesang. Di Gesang, sebelum dia totally sapih, dia udah gak nyusu lagi di siang hari, udah gak kebangun lagi di tengah malam, terus makin lama (sejak umur setahunan) menyusunya makin sebentar. Jadi aku cma stop yang 1x sehari itu, yang sebelum tidur malam itu doang. Bahkan payudaraku gak bengkak saat nyapih Gesang, karena udah berkurang-kurang juga frekuensi dan kuantitasnya ya.

Pada akhirnya, menyusui memang perwujudan peran utama antara ibu dan anak. Tapi layaknya dalam setiap cerita, peran pendukung juga sangat penting. Pendukung utama jelas ayah, penanggung jawab utama nafkah keluarga. Asi adalah nafkah untuk anak kan. Lalu, orang tua dari orang tau alias kakek-nenek. Karena setelah jadi orang tua pun, kita gak berhenti jadi anak, sehingga doa dan dukungan orang tua tetap penting. Komunikasikan dengan baik, minta doa. Para ahli. Semua ilmu itu datang dari Allah, dan ada orang-orang yang memang belajar lebih banyak di subjek ini. Percayakan ke mereka. Emang ini anak kita, tapi ilmu kita gak sampe segitunya. Pengalaman kita belum seberapa. Dengarkan dan lihat dengan lebih luas.
Orang lain? Peran pendukung lain-lain, yang kadang bisa mendukung, kadang juga nggak. Pilih sebijaknya. Karena ini perwujudan peran kita sebagai ibu, memang kita yang harus paling kuat, paling bertekad, paling berjuang. Hanya harapan yang bisa kita tiupkan agar perjuangan kita ini cukup dan dinilai baik oleh Allah.
aamiin. aamiin. aamiin.



Salam, Nasha.

0 Comentarios

Mau nanya atau sharing, bisa disini!