Bukan Sekedar Ngaji, Ini Daftar Kelas Tahsin Online untuk Perbaiki Bacaan Quran

Menjelang hari Nuzul Quran pada 17 Ramadhan ini, sedikit akan kita singgung tentang tahsin yang dalam bahasa Arab berarti memperbaiki, meningkatkan, atau memperkaya. Artinya tahsin Quran adalah upay kita sebagai umat muslim untuk memperbaiki bacaan Al. Quran yang sesuai dengan bacaan teladan kita, Rasulullah SAW. Dalam kelas tahsin kita akan belajar makhraj huruf (tempat keluarnya huruf dari mulut kita) hingga hukum-hukum bacaan huruf tersebut. Ternyata ada banyak sekali dan sangat mendetail. 

Photo by Thirdman in Pexels Edited by Canva

Mungkin dulu, kita hanya tahu belajar mengaji di masa sekolah. Pulang sekolah siang. lalu sorenya setelah ashar pergi ke TPA (Taman Pendidikan Al.Quran) atau semacamnya di area masjid sekitar untuk belajar mengaji. Mulai dari membaca iqra hingga mengkhatamkan Al. Quran. Di tempat mengajiku dulu ada wisudanya juga, biasa yang sudah khatam, setelah menempuh empat tahun belajar di sana. Hampir semua murid di dalam kelas berada dalam rentang usia yang sama, di angkatanku dulu kelas 1 TPA biasanya merupakan murid kelas 2 SD. Naik kelas setiap tahun, begitu seterusnya. Ada yang lebih cepat, ada yang lebih lamnat, namun rata-rata begitu. Jelas, tidak ada orang dewasa. Anak SMP saja sangat jarang. Sebagian besar adalah murid SD yang tinggal di sekitar sana.

Anak usia SD mungkin belum punya kesadaran penuh tentang pentingnya mengaji yang tepat, mempelajari Al-Quran, sehingga seringnya sebatas memenuhi kewajiban untuk bisa. Seiring berjalannya waktu, ada yang tetap mempraktikkan ilmu yang didapat dari kecil itu, ada juga yang melupakan bahkan untuk mengaji saja sudah jarang. Akhirnya kita sebagai orang dewasa jadi butuh lagi belajar mengaji, kali ini keinginan belajar datang dari diri sendiri. Bukan sekedar bisa membaca Al-Quran namun juga benar-benar tepat melafalkannya berdasarkan ilmu seharusnya. 

Dengan semakin tingginya kesadaran orang akan pentingnya membaca Al-Quran yang benar dan baik, juga dengan semakin cepatnya penyebaran informasi, belakangan kelas tahsin menjadi semakin populer. Hal baik begini memang sudah sepatutnya jadi tren yang kita ikuti beramai-ramai. Untuk semakin memudahkan, sekarang disediakan berbagai kelas baik itu offline maupun online yang terbuka untu usia berapa saja. 


Berikut rangkuman beberapa kelas tahsin online yang aku dapat pure dari cari-cari di internet.

Photo by Qamar Rehman in Pexels

 - Cintaquran

Kelas Tahsin 8 Surat Pendek dengan metode pengajaran via zoom sebanyak 8x dan 5x via telepon oleh mentor. Setiap pertemuan berdurasi 2 jam, dengan biaya 500k


- Jawwada TahsinTahfidzOnline

Kelas Tahsin yang dijadwalkan selesai dalam empat bulan, terbagi atas kelas reguler dan kelas privat. Untuk kelas reguler dalam satu minggu ada 2x pertemuan kelompok berdurasi satu jam dengan murid sekitar 15 orang, biayanya 89k per bulan. Sedangkan kelas privat terdiri dari 2x pertemuan one on one durasi 25 menit dan 1x pertemuan bersama kelompok, biayanya 149k per bulan.


- Kelastahsin Id

Dimulai dengan kelas tahsin level 1 selama 2 bulan dengan 8x pertemuan yang durasinya 2 jam, bianya 199k.


- Mahkota Tahfidz

Kelas untuk tahsin juz 30 dengan pertemuan via zoom sebanyak 20x selama satu bulan dengan durasi per pertemuan sekitar 10 menit. Biayanya 199k per bulan


- Ruang Sanad

Kelas intensif tahsin Quran dengan 2x pertemuan/ minggu selama 90 menit per pertemuan. Biayanya 199k


- Rumah Tahsin Alfatih

Kelas tahsin metode ummi yang harus diikuti minimal selama 6 bulan dimana setiap bulannya ada 8x pertemuan dan biaya 150k per bulan.


- Guru Ngajiku

Kelas intensif belajar mengaji dengan 1x pertemuan per minggu dengan biaya 149k per bulan. Selain kelas intensif, juga ada kelas akselerasi dan privat.


- Lughatul Quran

Kelas tahsin yang dirancang selaa 4 bulan dimana kelas online-nya dikenakan biaya 375k dengan 1x pertemuan/ minggu berdurasi 90 menit.


Untuk informasi lebih lanjut bisa diklik pada masing-masing judul kelas, yang akan mengarah langsung pada laman resmi mereka. Semua kelas tersebut disediaka dalam bentuk pertemuan online dan beberapa diantaranya juga menyediakan kelas offline. Kelasnya juga dipisah antara ikhwan dan akhwat. Silahkan pilih berdasarkan kesesuaian waktu juga biayanya serta preferensi masing-masing kita ya. Belajar lagi untuk terus memperbaiki dan jadi lebih baik lagi. Semoga sedikit-sedikit yang kita upayakan bernilai banyak dihadapan Allah. Semangat para pencari ilmu!



Salam, Nasha

0 Comentarios

Mau nanya atau sharing, bisa disini!