Rekomendasi Hotel Jogja untuk Keluarga yang Nyaman dengan Kamar Luas, Pas buat Liburan!

Jogja memang kota dengan sejuta pesona. Tujuan liburan dengan berbagai arena wisata. Memasuki akhir semester sekolah begini, pikiran sudah sampai pada rencana liburan. Apalagi, semakin banyak penginapan yang menawarkan berbagai promo untuk liburan. Semuanya terlihat menarik. Tapi sebelum memilih satu dari sekian banyak pilihan tersebut, perlu tahu dulu apa yang kita utamakan dalam memilih penginapan, seperti jenis, fasilitas, hingga anggarannya. Untuk keluarga juga ada tambahan pertimbangan sendiri, seperti luas kamar juga ketersediaan arena bermain anak.


Jogja sesungguhnya adalah kota yang cukup dekat dengan kami. Pernah liburan di sana, pernah tinggal di sana, dan dengan izin Allah akan kembali ke sana. Dengan segala daya tariknya, Jogja memang patut disebut sebagai kota yang istimewa. 

Dengan kentalnya budaya dan tradisi dalam kehidupan warganya, Jogja berhasil menarik minat pendatang, termasuk saya, untuk berlama-lama di sana. Meskipun perlu ada pengaturan yang lebih mumpuni tentang jalanan yang semakin padat, tapi Jogja dengan akarnya yang kuat dan kemajuannya yang juga pesat, membuat banyak orang berkunjung bahkan hingga menetap di sana.

Untuk keperluan liburan, khususnya liburan keluarga bersama anak-anak, ada banyak tempat wisata yang tersebar di Daerah Istimewa Yogyakarta, baik itu di Kota Jogja, Kabupaten Sleman, Kabupaten Bantul, hingga Kabupaten Kulon Progo dan Kab. Gunung Kidul. Ada ribuan hotel dengan berbagai jenis tersebar di sana. Tinggal kita sesuaikan dengan preferensi kita masing-masing. Biasanya kami memiliki beberapa pertimbangan dalam menentukan penginapan, seperti:

  • Jenis Penginapan. Biasanya, kami memilih hotel atau resort, tergantung kebutuhan. Karena kalau resort cenderung untuk liburan yang tidak kemana-mana alias staycation saja, sedangkan hotel biasanya tetap mengunjungi tempat wisata di sekitar. Bisa juga villa jika ingin staycation dengan keluarga besar.
  • Fasilitas. Utamanya adalah kolam renang, karena anak-anak tahunya memang nginap itu sekalian dengan berenang di sana. Selain itu juga, AC juga sudah seperti kewajiban dan hampir seluruh penginapan menyediakan. Biasanya turut serta free wifi dan TV. Lalu, juga ada pertimbangan tentang kebersihan hotel, bia
  • Lokasi. Pertimbangan yang disesuaikan dengan tujuan liburan, apakah ingin dekat tempat wisata atau berdiam diri saja di kamar. Kemudahan akses dengan pusat perbelanjaan atau kuliner, hingga tingkat kemacetan, bisa jadi bahan pertimbangan. 
  • Anggaran. Pada akhirnya memang ini yang membatasi keinginan. Kadang kalau memang ingin staycation, bolehlah cari penginapan dengan banyak fasilitas dan harganya lebih tinggi. Tapi kalau hanya untuk tempat singgah, lebih baik cari penginapan dengan fasilitas secukupnya, harga lebih terjangkau, dan lokasi strategis.
  • Kamar Luas. Belakangan ini menjadi prioritas kami karena liburan bersama dua anak yang sedang aktif-aktifnya. Empat orang dengan luas kamar tidak sampai 20m2 rasanya tidak bisa pilihan. Maka, setiap pilih penginapan kami cari yang luasnya cukup untuk anak-anak ini bisa bergerak.

Berdasarkan pertimbangan itulah, saya memilih tiga penginapan terbaik untuk keluarga dengan kamar yang luas berlokasi di Jogja, seperti bisa dilihat:

1. The Westlake Resort Jogja

Resort ini berlokasi di Ringroad Barat Bedog di Kec. Gamping Kab. Sleman. Tidak begitu jauh dari pusat kota, sekitar 9km menuju Malioboro. Jadi kalau mau staycation tapi tetap ada tujuan ke sana, tetap bisa ditempuh di hari yang sama.

Areanya sangat luas dengan shuttle car yang selalu hilir mudik siap mengantarkan tamu ke kamar masing-masing. Fasilitas yang menarik, selain kolam untuk anak dan dewasa, adalah kolam ikan yang berada ditengah-tengah area. Fasilitas tersebut memungkinkan kita, khususnya anak-anak, untuk menikmati waktu santai di balkon sembari memberi makan ikan. Bisa juga menaiki wahana perahu yang mengelilingi area tersebut. Benar-benar menjadi pengalaman menginap yang tidak terlupakan.

Untuk kamarnya, ada beberapa pilihan yang tersedia. Mulai dari muatan dua dewasa yakni deluxe room dengan luas kamar 32m2 lalu ada executive room dengan luas 38m2. Ada pula kamar untuk 3 orang dewasa yang berisi satu king bed dan satu twin bed, luasnya mencapai 52m2, ini bisa jadi pilihan untuk keluarga dengan anak yang tidak lagi balita. Diatasnya, ada pilihan suite dan presidential suite dengan jumlah sangat terbatas, luasnya lebih dari 100m2. Tips dalam memilih kamar disini adalah pilih yang lake view, karena itu jenis kamar dengan balkon yang langsung terhubung pada danau buatan berisi ikan-ikan ditengah area tersebut. Memang sedikit lebih mahal dibanding river view, tapi bisa terbayarkan dengan kepuasan yang didapat.

2. Grand Senyum Hotel Jogja

Ini hotel keluarga dengan lokasi yang sangat strategis, yakni hanya 100an meter dari Tugu Jogja. Bahkan dari kamarnya bisa melihat langsung Tugu Jogja tersebut. Jika biasanya hotel yang berlokasi strategis menawarkan pilihan kamar yang relatif kecil, Grand Senyum menyediakan kamar seluas 40m2 untuk Deluxe  Room dan 60m2 untuk tipe Executive Roomnya. Berbeda dengan hotel lain, twin bed yang disediakan juga besar yaitu 140x200. Bahkan untuk keluarga dengan anak bukan balita, kamar deluxe juga sudak cukup. 

Fasilitas yang ditawarkan sesuai dengan hotel bintang empat lainnya yaitu AC, wifi, TV, kulkas, juga hair dryer. Meski dengan tambahan meja rias, meja kerja, juga meja pantry di kamar, tidak membuat kamar ini sesak karena luasnya tersebut. Kamar mandinya juga luas. Kolam renang berada di lantai paling atas, sehingga kita juga bisa bersantai dengan pemandangan kota sekitar Tugu Jogja, sayang saja pagarnya terlalu tinggi. Area playground juga ada di rooftop meskipun tidak luas, sebatas pojok arena bermain anak. Namun dengan harga yang ditawarkan, rasanya cukup masuk akal. Makanan sarapan yang disajikan juga sangat beragam bahkan sebagian disediakan dalam kondisi hangat saat dipesan. Ditambah dengan pelayanannya yang ramah, hotel ini bisa jadi pilihan untuk menginap sekeluarga dengan lokasi di pusat kota.

3. Eastparck Hotel Jogja

Ini hotel bintang lima yang banyak direkomendasikan untuk keluarga berkat area bermain anaknya yang luas dan lengkap. Semua wahana merupakan bagian dari fasilitas yang bisa dinikmati oleh semua tamu. Lokasinya juga cukup dekat dengan pusat keramaian yakni di Jl. Adi Sucipto, Seturan, Depok, Yogyakarta atau sekitar 5km dari Keraton Yogya.

Kamar yang disediakan juga luas, mulai dari 40muntuk tipe Deluxe, 60m2 untuk Junior Suite, 80m2 untuk Executive Suite, dan 100m2 untuk Presidential Suite. Semuanya ditawarkan dengan balkon yang juga dilengkapi meja dan kursi. Layaknya hotel bintang lima, fasilitas kamar tentu sangat lengkap seperti sofa, AC, wifi, TV, kulkas, hair dryer, bahkan jubah mandi. Bedana untuk jenis suite, sudah dilengkapi dengan bathub dan sofa berlengan dan sandaran.

fasilitas bermain anak yang menjadi keistimewaan hotel ini adalah adanya kolam renang yang dilengkapi dengan superslider atau persotoan raksasa yang menambah sensa menyenangkan saat bermain air. Ada pula arena bermain air tambahan bagi anak-anak lengkap dengan tantangan masing-masing, serta arena berjalan yang luas dan asri. Bahkan jika hanya berjalan, sudah cukup untuk relaksasi. Area playgroundnya sangat luas, ada di dalam dan luar ruangan. Permainannya banyak. Beberapa arena juga disediakan khusus untuk yang menginap dengan paket staycation, seperti area bermain pasir, arena outbond dan adventure. Kalau menginap di sini dengan anak, rasanya tidak perlu bermain ke luar lagi, karena sudah disediakan lengkap di dalam hotelnya.


Salam, Nasha


1 Comentarios

  1. Belum pernah satu pun ke penginapan-penginapan yang disebutkan di atas mbak 🤭. Moga ada kesempatan mencobanya. Penasaran dengan lake viewnya

    BalasHapus

Mau nanya atau sharing, bisa disini!