Gembira Loka, Alternatif Weekend Sekeluarga

Setelah kemarin bahas alternatif relaksasi dengan me time di salon, sekarang yuk bahas alternatif relaksasi bareng keluarga! Yuhuu!


Sebenarnya untuk wilayah Jogja, pilihan tempat dan aktifitas saat weekend itu ada banyaak, nah salah satunya yang bisa dikunjungi mulai dari anak batita adalah Kebun Binatan Gembira Loka! Lokasinya juga masih di dalam Kota Jogja, tepatnya di Kecamatan Kotagede. Jadi gak perlu spare waktu yang lama untuk perjalanannya. Ada apa aja sih di sana?

Saya sekeluarga memulai perjalanan di Gembira Loka dengan bayar tiket masuk sebesar 35000 per orang dimana untuk anak dengan tinggi dibawah 80cm gak dikenakan biaya, dari pintu masuk timur. Nah, karena ini weekend jadi pengunjungnya lumayan rame. Banyak juga dari sekolah-sekolah yang adain kegiatan outing di sini. Tapi tenaaang, rame-rame gitu pun gak bakal berasa sesak kok. Karena Gembira Loka ini luaaass banget. Siap-siap ya tenaga untuk jalannya. Jangan lupa juga diapin bekal yang bakal enak banget disantap di dalam.

Perjalanan dari pintu timur, kita langsung ditantang untuk jalan menyisiri area pepohonan yang rindang, sampai di zona gajah. Sukanya di sini tuh, karena area nya luas dan sangaat asri, tapi tetap bersiih. Ada aja tuh petugas yang nyapu-nyapu atau buang sampah. Tempat sampah pun bertebaran di mana-mana. Jadi gak ada alasan ya buat buang sampah sembarangan.


Lanjut jalan sedikit, ada danau buatan yang bikin suasana jadi sejuk bangeet. Karena suasana di sini yang rindang dan asri, jadi jalan di siang hari pun gak berasa terlalu panas. Area nya juga ramah kereta (bahkan ada penyewaan stroller juga loh!) jadi aman untuk keluarga yang bawa bayi ataupun batita.

Hewan selanjutnya itu ada orang utan, buaya, area reptil (lengkap banget ini reptilnya mulai dari tokek sampai ular piton yang guede itu), ikan (mulai dari super banget ukurannya sampai yang biasa kita lihat), dst. Di sini juga ada spot-spot foto yang disediakan lengkap sama hewan-hewannya. Ada iguana, ular, juga burung! Ada juga area kura-kura dimana kita bisa berinteraksi langsung sama kura-kuranya. Ngasih makan atau sekedar berfoto. Satu lagi yang saya suka dari Gembira Loka ini adalah penataan hewannya gak serta merta ditaruh di kandang gitu, tapi diusahakan untuk tetap menyerupai habitat aslinya. Kebanyakan juga hewan dan pengunjung cuma dibatas pagar semen rendah yang dikelilingi parit.




Udah capek jalan-jalannya? Tenang, ada banyak rest area kok. Buat sekedar duduk-duduk, jajan cemilan atau mau makan sekalian, bisaa. Udah gak sanggup jalan lagi pun, ada shuttle nya yang akan berhenti di tiap halte. Untuk multi halte bayarnya cukup 25000, per halte 8000.

Satu area yang cukup berkesan buat saya adalah area aves atau burung. Diawali dengan burung elang yang tentunya berada di kandang. Lanjut, ada area dimana kita bisa berinteraksi langsung tanpa dibatasi dengan burung-burungnya, bahkan ada merak juga loh! Jadi masuk ke area itu, langsung disuguhi pemandangan dengan rimbunnya pepohonan, burung-burung beterbangan lengkap dengan kicauan mereka, dan suara air. Waah, semua penat langsung ambyar.


Hewan-hewan lain yang ada di sini antara lain harimau sumatera, unta, kuda nil, pelikan, angsa hitam
Bahkan pinguin pun ada. Tapi sayang, pas lagi ke sini gak ketemu sama singa, jerapah, zebra, mungkin karena masih proses renovasi ya. Baiknya mungkin sebelum ke sini bisa telfon dulu (0274-373861) atau cek website ini, kalau mau memastikan binatang-binatang yang ada. Karena setelah cek websitenya (yang saya lakukan setelah mengunjungi Gembira Loka-nya) ternyata websitenya cukup lengkap dengan informasi yang terus diperbarui. Bahkan ternyata ada atraksi feeding time! Wah karena gak cari info dulu jadi ketinggalan nih saya salah satu keseruan.



Nah, itu pengalaman saya pertama kali ke Gembira Loka, dan bersama toddler. KIta sangat menikmati waktu rekreasi di sini. Pesan saya sih bawa payung aja, meskipun banyak pepohonan tapi akan ada spot-spot tertentu yang terpapar matahari. Pakai sunblock juga boleh banget. Bawa makanan bakal lebih seru karena banyak area untuk bisa makan jadi berasa piknik, jarang-jarang kan bisa makan dikelilingi binatang gitu. Dan satu lagi, untuk toddler saya sih prefer gendongan ya (semisal hipseat) daripada stroller. Selain karena akses kemanapun bisa, pandangan anak juga lebih bebas. Bisa lihat binatang yang meskipun jaraknya jauh dibawah kita seperti buaya. Terakhir, area Gembira Loka ini luas banget! Jadi enjoy dan prepare tenaga ya! <3

Salam, Nasha

0 Comentarios

Mau nanya atau sharing, bisa disini!