Our Planet, Serial Wajib buat Semua Keluarga dari Netflix



Serial Our Planet Season 2 baru saja rilis beberapa hari lalu di layanan streaming berlangganan, Netflix. Melanjutkan season yang pertama, season kedua ini juga menceritakan indahnya kehidupan liar yang mungkin tidak akan pernah kita lihat langsung, karena jauh dari kehidupan hiruk pikuk kita. Pesannya hampir sama, bahwa apa yang kita lakukan jauh dari mereka ini bisa sangat mempengaruhi kehidupan mereka, serta bagaimana perubahan yang kita upayakan bersama bisa memberi kebaikan bagi kehidupan yang ditunjang alam semesta.

Kemunculan serial Our Planet sebagai serial dokumenter pada 2019 lalu menjadi perhatian banyak pihak kala itu. Bukan hanya sebagai serial pertama tentang lingkungan yang digarap Netflix, namun juga karena fokus tayangannya yang bukan sekedar dokumenter alam biasa namun fokus pada bagaimana manusia mempengaruhi lingkungan. Dalam delapan episode yang digarap selama empat tahun itu, digambarkan kehidupan ditiap-tiap habitat seperti hutan, laut pesisir, laut dalam, kutub, dsb. Tidak lupa tampilan adegan yang dikemas ciamik dan dramatis.  


Selain di Netflix, Our Planet I juga bisa disaksikan gratis di Youtube

Hingga saat ini, Our Planet masih menduduki serial favorit kami sekeluarga. Salah satu dari tontonan yang kami sediakan untuk anak-anak, dengan jumlah tontonan masing-masing episode lebih dari sepuluh kali. Dalam allowed time to watch mereka, anak-anak hanya punya beberapa pilihan tontonan yang sudah diunduh, salah satunya adalah serial Our Planet ini. Banyaknya ragam satwa yang ditampilkan, keindahan visualnya, serta cerita yang terkandung didalamnya merupakan paket lengkap untuk bisa dinikmati oleh seluruh keluarga. Sehingga saat Our Planet Season II ini rilis kami sangat bersemangat!

“This series traces extraordinary journeys, in a world  that itself is changing faster than ever. Only now we are we beginning to understand that all life on earth depends on the freedom to move.  

– Sir David Attenborough

Masih ditemani dengan suara naturalis dunia asal Inggris, Sir David, season kedua ini juga diproduksi oleh Silverback, dengan empat episode yaitu World on The Move, Following The Sun, The Next Generation, Freedom to Roam. Berbeda dengan season 1 yang mendokumentasikan kehidupan, season 2 ini fokus pada tema migrasi. Dalam empat episode yang dihadirkan, akan diceritakan tentang perpindahan yang dilakukan hewan-hewan dimuka bumi. Bagaimana itu terjadi secara turun temurun dan perubahannya dari masa ke masa akibat aktivitas kita. 


Diawali dengan fakta bahwa perpindahan adalah hal yang krusial dalam kehidupan kita di bumi ini. Mulai dari bumi yang harus terus bergerak, berputar mengitari matahari sehingga ada perubahan musim. Momen musiman itulah yang dimanfaatkan oleh banyak sekali satwa berpindah untuk bertahan hidup dari generasi ke generasi. Kita dibawa berjalan mengitari bumi dari waktu ke waktu, menyaksikan keajaiban-keajaiban menakjubkan yang dimiliki alam. Miliaran belalang terbang di udara, ribuan hiu makan ratusan ton ikan, albatros yang bertahan di hujan panas menunggu makanan, dan masih banyak lagi. Fenomena-fenomena mencengangkan yang jarang kita ketahui.

Perjalanan selama beberapa jam menyelesaikan perpindahan sepanjang tahun di hampir seluruh wilayah bumi ini, dilakukan dengan sangat rapi. Teknik visuaknya membuat kita seakan menyaksikan sendiri dari sudut pandang hewan tersebut, sembari Sir david menarasikan isi pikiran mereka. Ini hal unik yang belum ada dalam dokumenter sebelumnya. Perpindahan masif itu juga disorot dari kamera jarak jauh sehingga terlihat sangat menakjubkan. Sulit untuk berhenti berdecak kagum menyaksikan pertemuan-pertemuan musiman dalam jumlah sangat besar tersebut.

Our Planet S02E03 The Next Generation

Bukan hanya rasa kagum dari kejadian di semesta yang terus muncul sepanjang menyaksikan dokumenter ini, namun juga perasaan sedih, bersalah, iba, hingga haru. Bagaimana mungkin tidak terenyuh pada kebaikan-kebaikan yang masih tersisa di muka bumi? Semua doa terbaik dan berkah Tuhan dimohon untuk mereka, yang dengan sengaja menyediakan lahan dan pakan untuk burung yang bermigrasi, membiarkan sekawanan gajah menginjak kebun bahkan memakan hasil panen mereka berpindah mencari tempat tinggal baru, dan pemerintah yang membangun fasilitas agar antelop bisa tetap lewat akibat jalur migrasinya sudah diinterupsi oleh aktivitas manusia. Mereka yang membuktikan bahwa kita bisa hidup berdampingan dan saling menghargai masing-masing kepentingan. 

Jika dibandingkan dengan season 1, Our Planet II ini disajikan dengan lebih padat. Perpindahan antara ceritanya tidak bertele-tele. Ini pengalaman menonton yang cukup berbeda dibanding delapan episode sebelumnya, yang memperlihatkan kehidupan fauna secara luas. Migrasi pada setiap makhluk, bagaimana mereka bertahan sepanjang tahun, dan apa tantangan yang mereka hadapi, disusun apik dalam visual yang mengagumkan. Sulit untuk tidak melongo atas tampilan fakta yang disuguhkan.

Tayangan ini sedikit banyak membuat kita jadi lebih paham lagi bahwa tidak hanya kita yang hidup di muka bumi. Bahwa bagaimanapun, apa yang kita lakukan sebagai spesies teratas mempengaruhi makhluk hidup lain, hingga ke tempat terpencil yang belum kita kunjungi sekalipun. Dengan perkembangan pengetahuan yang kita miliki ini, kita bisa membantu mereka mengatasi perubahan pada dunia modern kita. Kita tidak boleh lagi mempersulit aktivitas turun temurun mereka. Karena keindahan luar biasa yang sudah terjadi sejak lama dan keseimbangan itu harus tetap ada, untuk kita semua bisa bertahan di alam semesta. 



Salam, Nasha



0 Comentarios

Mau nanya atau sharing, bisa disini!