Recover Together! dengan Liburan Keluarga ke Batu bareng Teman Hidup Traveloka

Menjalani rutinitas harian yang berulang, dengan beban kerja bertumpuk, tanggung jawab yang harus dipenuhi, dan beragam peran yang menyertai, akan menguras energi kita dari waktu ke waktu. Sama kaya badan yang perlu istirahat dengan tidur setiap hari, kita juga perlu jeda dari rutinitas itu, dengan berlibur. Meskipun belum ada frekuensi pasti berapa kali sebaiknya liburan dilakukan, tapi satu atau dua kali liburan panjang dalam setahun sepertinya cukup, disesuaikan dengan anggaran dan jatah libur yang kita punya. Untuk yang status pegawai disesuaikan dengan jumlah cuti, dan untuk anak yang bersekolah disesuaikan dengan waktu libur sekolahnya.


Sejak menikah lalu punya anak, gak lengkap rasanya liburan kalau gak bawa pasukan, karena Teman Hidup ku sekarang ya suami dan dua anak ini. Apalagi dua tahun belakangan mereka lebih banyak mengurung diri di rumah akibat pandemi. Sekarang, dengan sudah tersedianya vaksin dan tren kasus baru serta angka kematian yang menurun, sudah tepat rasanya memberanikan diri pergi liburan, tapi tetap patuh protokol kesehatan ya.


Selain sebagai jeda aktifitas kita, liburan bareng keluarga ternyata juga punya banyak manfaat lain loh, antara lain:

- Melepaskan stresstekanan dari tuntutan kerja, beban aktifitas hari-hari bakal berkurang atau bahkan hilang dengan berlibur bersama

- Menciptakan kenangan indahbersama buah hati momen liburan akan dijadikan cerita yang menyenangkan untuk mereka ulang-ulang dan jadi kenangan sampai mereka dewasa nanti

- Memperluas wawasandengan liburan kita jadi tau perbedaan kebiasaan, kondisi lingkungan di wilayah lain, juga belajar untuk beradaptasi dan saling menghargai.

- Mempererat hubunganantar anggota keluarga menghabiskan waktu bersama terus selama berhari-hari, bisa ngobrolin apa aja, melakukan apa-apa sama-sama. Quality time banget kan tuh!


Nah, berhubung ini liburan keluarga bareng anak yang masih bocah, jadi pertimbangan utamanya tentu kenyamanan mereka untuk tujuan dan moda transportasinya. Setelah cari rekomendasi, baca referensi, dan tanya sana sini, akhirnya aku memantapkan Kota Batu, Jawa Timur untuk tujuan liburan kami.

1. Pemandangan Alam yang Indah

Kota Batu terletak di Provinsi Jawa Timur, merupakan bagian dari wilayah Malang Raya dengan ketinggian lebih dari 700 mdpl, dan diapit oleh 3 gunung, menjadikan suhu rata-rata di Batu sekitar 28-32℃. Tanahnya juga sebagian besar adalah tanah subur sehingga pepohonan banyak tumbuh di sana. Kebayang gak sih gimana sejuknya udara pegunungannya dan pemandangan apa yang ditawarkan dengan kondisi kaya gitu? Bayanginnya aja udah adem. Apalagi untuk kami sekerluarga yang tinggal bukan di daerah gunung.


sumber gambar - edit by canva


2. Objek Wisata Ramah Anak sebagai Sarana Edukasi

Liburan bareng Teman Hidup yang kebayang adalah apa aja yang bakal dikunjungi, yang menyenangkan dan bisa dinikmati orang dewasa dan anak-anak. Nah, Batu punya jawabannya. Objek wisata nya ada banyak banget, mulai dari kawasan wisata alam air panas, wisata air terjun, wisata perkebunan dengan beragam jenis pohon buah yang bisa dipetik langsung, wisata kebun bunga yang warna-warni, area perkemahan, dan yang paling menarik buatku adanya area Jawa Timur Park. Objek Wisata lengkap yang terdiri dari kebun binatang, wahana berbagai macam permainan, arena dinosaurus, museum alat transportasi, museum bintang, dan masih banyak lagi.


Dari satu destinasi Jawa Timur Park yang luasnya belasan hektar ini, anak-anak akan belajar aneka jenis binatang, beragam tanaman, melihat replika dinosaurus, mengenal moda transportasi dari dahulu. Pengalaman mereka juga akan bertambah dengan mencoba beragam permainan yang ditawarkan di sana. Liburan ke alam begini juga secara gak langsung akan menambah kecintaan mereka terhadap lingkungan dengan melihat keindahan, mengenal berbagai jenis makhluk hidup lainnya. Rasa yang perlu banget ditanamkan sejak dini supaya mereka bisa berpartisipasi untuk bumi lestari nantinya.



Pergi sama anak-anak ini sebenarnya juga menambah kekhawatiran, gimana ya nanti kalau antriannya panjang, gimana ya nanti tau-tau tiketnya gak ada. Nah, Traveloka ada mengatasi kegelisahanku ini dengan menu Xperience-nya, aku bisa pilih atraksi mana aja yang akan kami ikuti nanti dan menyiapkan biayanya juga. Well-prepared gini emang penting banget kalau Teman Hidupmu adalah balita yang mood nya perlu dijaga ;)

Gampang banget kan?! ;D

3. Akses Mudah dan Terjangkau

Kota Batu dapat dicapai dengan berbagai moda transportasi. Untuk wisatawan yang berjarak jauh, bisa mengakses Kota Batu menggunakan pesawat, mendarat di Bandara Abdulrachman Shaleh di Kota Malang, lalu bisa melanjutkan perjalanan dengan mobil yang tersedia pada menu mobil di apps Traveloka dengan pilihan pengantaran dari bandara ke Kota Batu saja atau sewa mobil selama dua belas jam. Enaknya lagi, kita bisa pilih mobilnya.


Selain pesawat, Kota Batu juga bisa dijangkau melalui perjalanan darat yaitu kereta dan bus. Penumpang kereta bisa turun di stasiun Malang, lalu melanjutkan dengan angkutan kota (angkot) LDG/LDH sampai Terminal Landungsari kemudian berganti angkot kuning/ungu menuju Kota Batu. Jika memilih bepergian dengan bus, dari kota asal bisa langsung menuju Terminal Kota Batu. Gak perlu khawatir, semua moda transportasi itu juga bisa dipesan jauh hari di Traveloka, jadi persiapan dan anggaran liburan kamu bareng Teman Hidup bakal lancar deh!



4. Fasilitas Lengkap

Dengan visi sebagai kota pertanian organik berbasis kepariwisataan internasional, serta sebagai wilayah dengan sumber pendapatan terbesar dari sektor wisata, Kota Batu menyediakan paket lengkap buat para wisatawan. Sebut saja kemudahan akses dengan beragam moda transportasi untuk sampai ke sana, transportasi umum yang memadai, banyaknya pilihan penginapan (mulai dari guest house, hotel berbintang, villa, juga resort), dan gak kalah penting yaitu nyicipi beraneka macam kulinernya.


Aku udah kebayang sih di sana mau kemana aja, mau ngapain aja, dan mau makan apa aja. Setelah memastikan tujuan dan destinasi wisata yang dituju, saatnya menentukan penginapan. Lagi-lagi dengan dua balita Teman Hidup yang ikut serta, pertimbangan penginapan juga gak boleh sampai keliru. Untungnya di Traveloka, kita bisa pilih penginapan karena semua yang perlu kita tau lengkap ada di sana. Mulai dari rating, review pengunjung sebelumnya, fasilitas apa aja yang ada disedikan hotelnya, lokasinya dimana, ada tempat apa aja di sekitar penginapan itu dan berapa jaraknya. Gak perlu repot datang ke sana untuk tau tentang penginapannya, karena semua info udah dirangkum lengkap di Traveloka Hotel. Segampang itu! Gak cuma hotel loh, bisa pilih properti juga di menu Holiday Stays buat kita yang lebih suka self service biar berasa rumah sendiri gitu. Udah bisa dong weekend ini lihat dunia lagi setelah menyepi karena pandemi, kalau belum bisa liburan yang jauh, cobain staycation bareng Traveloka dulu aja! ;)


Nah, dari sekian banyak hotel dan properti yang ada di Traveloka itu, ada tiga penginapan yang jadi inceran aku saat di Batu nanti nih, dengan pertimbangan beberapa hal. Pertama gak jauh dari area Jatim Park, terus range harganya di Rp 500.000an, ada fasilitas kolam renang, menyediakan sarapan, punya review baik dengan rating lebih dari 8.0., dan luas kamar lebih dari 20m. Alasan ini akan sangat personal ya, masing-masing orang punya kebutuhan, preferensi, dan budget yang berbeda, jadi bisa dilihat pilihan hotelnya dan jangan lupa cari pakai toolsfilter” supaya lebih gampang carinya ya.


1. Hotel Kampung Lumbung

Hotel ini berjarak sekitar 2 km dari area Jatim Park, dan hanya 500m dari Terminal Kota Batu. Lalu, di sini ada pilihan hotel standard dan ada juga pilihan cottage buat kita yang ramean sekeluarga. Selain pertimbangan di atas, hal yang membuatku tertarik dengan hotel ini adalah konsepnya yang menyatu dengan alam dan arsitekturnya yang tradisional.



2. Purnama Hotel

Kalau Purnama Hotel ini keunggulannya karena sudah mengantongi sertifikat CHSE yang artinya sudah memenuhi kriteria protokol kebersihan Kemenparekraf. Kamar yang ditawarkan pun sangat beragam menyesuaikan kebutuan kita, dan tersedia juga yang jenis cottage. Lokasi hotelnya memang sedikit lebih jauh ke Jatim Park yaitu sekitar 5km, tapi digantikan dengan pemandangan pegunungan yang sangat indah dari area hotelnya.


3. Hotel Batu Paradise Resort

Jika mau lebih dekat lagi dengan area Jatim Park maka hotel ini jawabannya, karena hanya berjarak sekitar 1km dari area Jatim Park. Meski gak ada pilihan cottage seperti dua hotel lainnya, tapi hotel ini menyediakan pilihan kamar yang luas dengan dua ranjang besar jadi tetap muat deh untuk liburan keluarga. Kamar besarnya ini pun ditawarkan dengan harga yang gak berbeda jauh dari kamar standarnya.


Ayo! Tunggu apa lagi? Yuk #LihatDuniaLagi dan bikin #StaycationJadi dengan Traveloka! Langsung meluncur ke Traveloka lewat link ini ya https://trv.lk/kompetisi-lihatdunialagi-bloggerperempuan


Salam, Nasha



Sumber Referensi:

0 Comentarios

Mau nanya atau sharing, bisa disini!