Rekomendasi Kado Lahiran Newborn untuk Keluarga Lengkap Paling Bermanfaat

Saat kelahiran seorang bayi, yang biasanya ada di benak kita untuk memberi bingkisan adalah bingkisan untuk anaknya, padahal saat itu juga ada ayah baru dan ibu baru, loh! Selain orang tua, sudah banyak yang memberi perhatian kepada bayi, berlimpahan barang-barang yang dibeli untuk keperluannya dan juga kado dari orang-orang sekitar. Tidak ada salahnya kita memberi sedikit perhatian pada orang tua yang akan merawat si bayi tersebut, melalui bingkisan yang menyenangkan dan tentunya bermanfaat.  

 

Ilustrated Picture 

Biasanya tidak lama berselang setelag kita membahas  kado pernikahan, kita perlu mempersiapkan lagi kado lahiran. Sekarang ada  banyak sekali ragam peralatan dan perlengkapan untuk bayi, gendongan saja misalkan, ada banyak sekali jenisnya, berbeda dengan dulu yang hanya menggunakan kain panjang. Untuk tempat bayipun, ada banyak jenis alat, kadang benar-benar perlu, kadang juga tidak sama sekali. Tergantung preferensi orang tua dan bayi itu sendiri. Belum lagi pakaian, bukan hanya dalaman dan luaran saja, sekarang ada begitu banyak model yang rasanya sayang kalau dilewatkan begitu saja.

Sebelum memilih barang, ingat bahwa ada banyak barang yang hanya bisa dipakai bayi sesaat. Misalkan pakaian, bayi tidak akan keliar rumah tiap saat sehingga tidak butuh banyak pakaian bepergian. Apalagi tubuhnya yang pesat membesar, sayang kan kalau sudah dibeli ternyata cuma terpakai satu dua kali. Ada pula barang yang memang canggih dan mengagumkan tapi ternyata tidak dibutuhkan atau ada barang lain yang bisa difungsikan dengan serupa. Sayang juga kan kalau sudah beli mahal eh ternyata tidak digunakan. Maka kembali pada prinsip, malu bertanya sesat dijalan. Ya, dengan bertanya mau kado apa, atau dengan memberi beberapa opsi untuk dikonfirmasi apakah barang tersebut memang diinginkan atau tidak.  

Nah, berikut ide opsi kado yang (insyaAllah) bermanfaat untuk seluruh keluarga yang sedang berbahagia tersebut.


Untuk Anak

  • Pakaian

Baju bepergian memang lebih lucu, tapi sayangnya lebih jarang dipakai daripada baju rumah. Daripada beli mahal baju occasional, coba beli stelan baju rumah ukuran 6m+ (6 bulan ke atas). Biasanya ukuran NB (newborn) sudah dipersiapkan jauh hari oleh orang tua. Stelan pendek, panjang, piyama, singlet, celana dalam, hingga popok akan silih berganti digunakan bayi. 

  • Buku dan Mainan

Karena buku bisa dipakai dari bocah sampai tua, maka peruntukan buku harus memperhatikan usianya. Ada soft book untuk newborn, ada board book untuk toddler, dan hard cover book hingga soft cover book untuk kidsUntuk mainan, mulai dari mainan sensorik seperti sensory ball/ cube, teether, rattle, boneka, atau playgym. Pilih mainan dari bahan yang aman ya.

Sejauh ini, pilihan sensory ball cukup menarik karena kebanyakan bayi tertarik dengan bola. Apalagi bolanya multifungsi dengan tekstur beraneka, bisa digigit sampai ada yang bisa berbunyi juga.  


  • Karpet dan Pagar Bayi
Karpet bayi dikenal dengan playmat. Ini barang yang cukup lama bertahan mulai dari bayi sampai toddler bahkan gak ada masa habisnya, bisa ditaruh di area bermain anak. Dengan beragamnya pilian karpet sekarang, mungkin kita akan tergiur dengan harga yang lebih rendah ya. Tapi ingat kalau ada harga ada rupa. Setelah saya coba sendiri, produk dengan harga lebih tinggi memang lebih nyaman digunakan. Tidak panas. Walaupun model dan bentuknya sama saja, tapi merk yang telah teruji akan berbeda saat pemakaian. 
Pagar bayi ini bisa jadi play fence bisa juga baby bed rail. Keduanya sama bermanfaat, tergantung dari kondisi keluarga bayi. Biasanya bed rail lebih bermanfaat untuk bayi yang tidur di tempat tidur orang tua yang tinggi. Sedangkan play fence bisa jadi opsi untuk area rumah yang lebih luas. Keduanya bisa bermanfaat, tapi tidak wajib. Saya pribadi tidak punya keduanya, dan hanya mengandalkan playmat untuk area bermain anak-anak. 
  • Perlengkapan MPASI

Tidak terlalu jauh kok untuk memberi peralatan MPASI, karena hanya berjarak enam bulan dari waktu kelahiran. Dari sekian banyak pilihan, pilih yang benar-benar dibutuhkan ya dan lebih baik konfirmasi dulu. Pengalaman saya, yang paling diperlukan itu adalah set alat makan (mangkuk makan, botol minum bisa yang sippy cup, sendok, hingga celemek). Tidak perlu fancy yang penting aman digunakan bayi. Lalu ada slow cooker, ini sangat memudahkan proses MPASI bahkan tetap bisa dipakai untuk berbagai masakan lainnya. Baby food maker set yang mana juga cukup sering dipakai, tapi akan berkurang intensitasnya seiring dengan pertumbuhan bayi. Untuk pembuatan makanan, saya cukup menggunakan peralatan ini saja, tanpa food processor. Mungkin jika penasaran ingin dicobakan, lebih baik cari sewa saja karena pemakaiannya tidak akan lama. 

Satu barang MPASI yang paling longlast menurut saya adalah high chair. Ini bisa digunakan untuk berbagai keperluan bukan hanya makan. Untuk anak bermain hingga melatih worksheetnya. Memang ini tergantung jenis, namun high chair besar yang 3 in 1 bisa dipakai hingga anak berat 20an kg. Pricey but worthy!  

  • Peralatan Traveling
Ini bisa berarti alat angkut bayi bentuk apa saja. Banyak! Mulai dari stroller hingga car seat. Keduanya sih yang cukup perlu, tapi car seat akan lebih lama digunakan dibanding stroller. Anak yang sudah bisa berjalan biasanya tidak ingin duduk lama di stroller, apalagi jika sudah aktif bergerak kesana kemari. Selanjutnya mungkin bisa digunakan push tricycle bike untuk berkeliling bersama anak. Dibanding strolle, bike ini sudah bisa digunakan untuk anak yang sudah bisa duduk dan di jalan yang halus ataupun kasar. 

Untuk Ibu

Sekarang sudah mulai banyak yang menyarakan kepentingan ibu dengan memberi mereka kado juga. Bukan apa-apa, kadang ibu sendiri juga lupa dengan keperluan mereka. Hanya fokus membeli pakaian untuk bayi tapi lupa kalau sendiri juga perlu penyesuaiakn pakaian dan makanan.


  • ASI Booster
Tidak harus makanan yang diklaim sebagai asupan asi booster, makanan apapun juga bisa. Karena sejatinya menyusui itu perlu dilakukan, dan untuk melakukannya, ibu perlu energi dari makanan. Setidaknya ada tambahan 1/3 dari kalori harian biasa. Makanan enak dan bergizi akan meningkatkan ketahanan tubuh untuk bisa lebih semangat menyusui. Tapi kalau tetap mau memberi yang berhubungan dengan ASI, bisa pilih berbagai merk suplemen ASI Booster, almond milk ataupun cookies, olahan kurma, kacang-kacangan, pemanis madu, dsb. Menghadiahi dengan breast pump juga bisa, namun karena ini barang esensial baiknya dikomunikasikan dulu dengan si ibu ya. 
  • Baju Menyusui
Sulit rasanya menyusui di ruang publik tanpa mengenakan baju menyusui, apalagi jika bajunya tanpa bukaan depan. Sekarang ada banyak sekali pilihan untuk baju menyusui, bukaan depan, bukaan samping, ada yang dengan lipatan saja ada juga yang dengan resleting. Ini preferensi sekali ya. Kalau saya sih lebih suka yang bukaan samping model lipatan (pull a side) karena paling gampang. Kalau resleting kadang bisa nyangkut apalagi kalau buru-buru. Bisa pilih baju bepergian atau baju untuk dirumah. Bisa pilih kaos atau dress. Bebas!

  • Voucher Me Time
Ini bisa berupa apa saja, mulai dari voucher pijat, bathing set, tiket nonton, atau saldo digital. Tawaran bantuan untuk menemani si bayi juga akan sangat berguna. Bukan hanya datang lalu merusuhi bayinya, tapi juga benar-benar menggantikan tugas ibu sebentar menemani bayi. Beri ibu kesempatan untuk istirahat sebentar, makan dengan tenang, mandi sedikit lebih lama. Sering dilupakan tapi ini bentuk kado yang meaningful!

Untuk Ayah

Ibu saja sering dilupa, apalagi ayah. Saya pribadi, tidak pernah menerima kado yang ditujukan untuk suami. Selalu untuk anak, beberapa untuk ibu. Padahal, mungkin dengan kita memberi kado ke ayah, mereka akan lebih merasa bahwa mereka juga menambah peran baru. Diberi selamat dan semangat karena memiliki bayi juga berarti ayah yang berjuang. Mungkin dengan sedikit bingkisan thoughtful ini kita bisa mengurangi angka fatherless di Indonesia, hope so!


  • Makanan dan Minuman
Makanan dan minuman juga bisa diberikan pada ayah, agar kuat begadang menemani ibu menyusui. Mulai dari cemilan hingga kopi botolan. Tidak apa juga jika ingin memberi ayah suplemen kesehatan agar bisa prima menjaga istri dan anak. Pilihan apa saja tidak ada pantangan, asal jenis asupan yang sehat ya.

  • Buku parenting
Kebanyakan ibu yang giat belajar tentang bagaimana pengasuhan, mulai dari bagaimana agar lancar melahirkan, sukses menyusui, hingga mengasuh anak kelak. Padahal ayah juga perlu tahu, apalagi saat bayi sudah lahir maka sulit bagi ibu untuk belajar hal baru lagi. Disinilah ayah berperan, belajar tentang menyusui dan mengasuh bayi agar bisa mendampingi ibu dan memenuhi peran sebagai ayah sekaligus suami yang bisa diandalkan. Buku tersebut bisa tentang buku mengASIhi, buku merawat bayi, hingga buku pengasuhan.

  • We Time Things

Berbeda dengan ibu, ayah diberi voucher we time untuk bisa menghabiskan waktu berdua dengan ibu. Berkaca dari yang sudah-sudah, tidak sulit bagi ayah untuk mendapatkan me time, tapi sulit untuk we time atau couple time. Bukan hanya waktu, menghadiahi dengan reservasi restoran hingga alat penunjang kesehatan seperti electric massager atau dukugan finansial seperti emas batangan juga bisa jadi pilihan. 

Sebenarnya pilihan untuk kado newborn ini bisa sangat luas, apalagi jika dilihat untuk sekeluarga dari bayi, ibu, hingga ayah. Kembali ke niat, untuk memberi keluarga ini selamat atas kelahiran seorang anak dan menemani mereka dalam prosesnya. Tidak ada salahnya bertanya atau mengonfirmasi agar barang yang kita beri bisa tepat bermanfaat.



Salam, Nasha

0 Comentarios

Mau nanya atau sharing, bisa disini!