Review Popok Perekat (Taped Diapers) Premium: Mamy Poko, Fitti, Sweety, Merries

Review-an barang kebutuhan pokok bayi, yang sangat kecil kemungkinan gak digunakan, pospak alias popok sekali pakai tipe perekat yang 'katanya' premium. Barang yang cukup menguras energi dalam pencarian mana yang cocok (dan pencarian uang untuk belinya :p) dan semacam kebutuhan utama para bocil ini. Apa yang saya tulis disini murni dari pengalaman saya pribadi ya, bisa sesuai bisa nggak sama bayi lainnya.

Sebelumnya, saya menggunakan pospak ke Guna1 itu di umur dia yang udah sebulanan (kecuali pas awal pulang dari RS atau pas acara syukuran akikah dia). Itupun bukan pemakaian rutin di rumah. Kenapa? Ya, saya ngerasa gak keberatan aja dengan cuci pakaian dia. Alhamdulillah, gak tau deh kedepannya gimana, apalagi saat dia udah gak ASI Eksklusif jadi pipis dia udah najis, dan kalau dia aktif gerak kemana-mana.


Baca Juga: Rekomendasi Kado Lahiran Newborn untuk Keluarga Lengkap Paling Bermanfaat

1. Mamy Poko

Mamy Poko ini adalah pospak keluaran Unicharm, dengan variasi yang cukup banyak. Guna1 udah pernah coba semua tipenya, karena taunya cuma itu. Awal beli dulu, cuma tau merk pospak itu adalah Pampers, Mamy Poko, dan Sweety. Karena Guna1 lahirnya daerah, jadi variasi produk gak sebanyak di Jakarta ya. Waktu nyari-nyari pospak untuk newborn, akhirnya beli Mamy Poko NB Xtra Kering. Kenapa? Karena ada rekomendasi dari keluarga juga "udaah, Mamy Poko aja, bagus kok, dulu si A itu aman ajaa", dan waktu itu produk ini yang ketemu kemasan kecilnya, cuma isi 9 kalau gak salah. aman-aman aja sih, meskipun makenya gak lama. 

Selanjutnya, saat Guna1 udah mulai rutin pakai pospak di malam hari. Masih gak mau pindah ke lain hati, tapi mau yang pospaknya 'lebih bagus'. Jadi, belilah Mamy Poko Extra Soft ukuran S untuk bayi 4-8 kg (Sebenarnya ada yang tipe Extra Dry juga, tapi katanya kalau Extra Soft itu udah Extra Dry sekalian jadi lebih lengkap fiturnya). Sesuai sih, sama judulnya, Mamy Poko yang ini cukup lembut, ada wet indicatornya juga, dan pas aja dipaha Guna1 yang cenderung besar ini. Oh ya, karena produk ini juga udah Extra Dry, jadi diklaim menjaga kulit bayi tetap kering. Ditambah lagi, gambar Winnie The Pooh yang lucu ituu. Jadi Guna1 cukup lama make ini. Sampai akhirnya saya tersadar, ini popok kok tebel banget ya apalagi kalau udah ada isinya. Hm, pantesan belum BB 8 kg, Guna1 udah sempit pake yang ukuran S dan mesti ganti ke ukuran M (untuk bayi 6-11 kg)

Tapi, kecintaan saya sama Mamy Poko belum berakhir, hasil dari pencarian ke berbagai situs belanja online mempertemukan saya sama Mamy Poko Sensasi Lembut. Meskipun keluaran Unicharm dari Jepang, tapi pospak ini ternyata buatan Thailand dengan kandungan untuk penyerapan cairan, Absorbent Polymer 25.8 %. Ini semacam premium produknya Mamy Poko, katanya dengan 6 keunggulan platinum. Dan yes, ini lembut bangeet. Lebih tipis dari Mamy Poko Extra Soft. Karetnya pas, gak terlalu keras tapi juga gak bocor. Di belakangnya juga ada karet. Tapi motifnya gak Disney lagi ya, melainkan gambar Pokojang, si icon Mamy Poko itu. Sama-sama lucu kok. Dan menurutku ini udah terbaiklah. Sayangnya, produk ini jarang ada, cuma ada di apps online shop, dimana kalau beli banyak kirim ke daerah ongkirnya bikin sebel.

Tambahan info, untuk harga Mamy Poko Sensasi Lembut yang size M ini sendiri, di Lazada harga normalnya 165.000 untuk kemasan 54 pcs, jadi satuannya 3.055 yaa. Hm akan sangat melegakan kalau ada diskonan. Tenang, sering kok diskonnya, sering-sering cek aja di berbagai situs belanja.


2. Pampers

Masih penasaran karena sepengamatan saya ke supermarket ini popok paling mahal. Kok bisa mahal banget sih, apa kelebihannya? Akhirnya nyari-nyari terus deh, tapi yang tipe perekatnya. Dan ketemu lah di salah satu supermarket, kalau gak salah itu packingan isi 9 Pampers Premium Care Active Baby Taped. Wah, kebetulan nih isi dikit aja untuk menjawab rasa penasaran. Kalau dari kemasannya, pospak Pampers keluaran P&G ini buatan Vietnam dengan kandungan Absorbent Polymer 36 %.

Mari kita coba. Oke benar harga gak berdusta. Ini pospak lembuuutt dan tipis. Terus ada wet indicatornya juga. Dipake lama juga aman, gak bocor. Wah pantes agak lebih mahal ya. Tapii, gak tau kenapa pola nya ini kurang cocok di Guna1, jadi waktu saya pakein, harus berkali-kali di pas-in di pahanya. Karet belakangnya juga gak ada. Terus, apa karena ini produk lama apa gimana, barangnya keliatan agak 'lepek' gitu. Jadi saya kurang sreg aja hehe.

Akhirnya, setelah saya cek berkali-kali di situs belanja online dan kesulitan nyarinya di supermarket, saya berasumsi bahwa Pampers udah gak keluarin lagi produk ini (yang ada di pasaran saat ini hanya Pampers Premium Care jenis Pants). Ini kesimpulan saya loh ya. Karena saya pun dapetnya itu semacam sisa produk, yang sudah hampir expired. Tapi kalau masih penasaran, di Lazada terakhir update (dengan ulasan terakhir 4 tahun yang lalu) untuk Pampers Active Baby Taped isi 66 pcs harganya 156.000 yang artinya masing-masing harganya 2.363. Ternyata yang taped ini harganya jauh dibawah yang pants yaa.


3. Fitti Gold Tape

Yang menyarankan Fitti ini adalah mama! Karena katanya, saya dulu waktu bayi makenya Fitti dan jaman dulu ini yang paling bagus, tapi agak jarang sekarang karena mahal. Kata mama saya loh ya. Jadilah saya mulai search ini Fitti. Awalnya ketemu sama Fitti Day Pants, hm, gak mahal kok. dibanding sama Mamy Poko malah lebih murah ya. Coba cari yang perekat. Nah, ketemulah sama Fitti Gold Tape ini. Ternyata ini produk impornya Fitti dari China. Kemasannya huruf China semua, gak ngertiii. Tapii, ada keterangan kalau kandungannya absorbent polymernya 37.8 %.

Baiklah, kita coba beli, mumpung ada kemasan isi cuma 8, lagi gratis ongkir pula. Ternyata, ini tipiiiiss bangeeett. Saya langsung shock! wkwk. Hm, apakah dengan tipis ini daya serapnya tidak baik? Salah! Daya serap Fitti ini keren banget. Gak bocor kemana-mana. Udah gitu, lembuuut banget. Terus ada wet indicator sign nya juga. Di belakang juga ada karetnya. Di bagian perekat juga ada karetnya. Tapi gak kasar dan gak membekas ke kulit. Keren. Desainnya lucuu, gak norak, dengan gambar lumba-lumbanya gitu. Langsung deh jatuh hati. Dan langsung beli lagi yang gedean.

Harga normal di Lazada, untuk Fitti Gold Tape size M isi 44 pcs ini adalah 163.636, jadi satuannya 3.719. Duuh mahal yaa. Tapi tenaangg, ini produk sering diskon gede-gedean kok sampe 40an perseenn malah.

Baca Juga: Info Biaya SD di Solo dengan Akreditasi A, Lengkap dengan Jadwal dan Pilihan Ekskul

4. Merries Premium Tape

Sebenarnya saya agak trauma dengan Merries ini, karena dulu pernah ada yang ngasih popok Merries, hasil dari rekomendasi pun akhirnya ya saya coba. Ternyata gak cocok di kulit Guna1, malah jadi kemerahan. Tapi itu jenis Merries yang pants Good Skin sih.

Daripada terus penasaran dan tidak menuntaskan pencarian pospak ini, akhirnya pas lagi diskon saya beli Merries Premium Tape. Ternyataa beda banget antara yg Good Skin dan Premium Tape ini. Tipis? Iya. Lembut? Iya. Wet Indicator Sign? Ada. Gampang bocor? Nggak. Karet belakang? Ada. Polanya pas? Iya. Komplit. Terus ya, dipake lama pun pospak ini gak cepet bau. Dan memang menjaga kulit bayi tetap kering.

Produk dari Kao ini memang produksinya langsug dari asalnya yakni di Jepang, dengan kandungan absorbent polymer sebesar 33.5 %. Sayangnya cuma satu, harga normalnya untuk size M sebanyak 38 pcs di Lazada adalah 121.000 yang artinya satuannya adalah 3.184. Emang sih lebih murah dari Fitti, tapi diskonannya jaraang, kalaupun ada cuma sedikit wkwk.



5. Sweety Gold Comfort

Akhirnya ada produk buatan asli Indonesia dari Softex Indonesia. Horee!! Karena produk ini buatan lokal, jadi keunggulan utamanya adalah gampang didapat. Dimana-mana ada. Dan pastinya harganya lebih terjangkau. Sweety ini juga ada banyak varian, namanya sesuai sama peringkat medali yaitu Bronze - Silver - Gold.

Karena yang lain-lain tipe nya 'premium' maka saya pengen nyoba Sweety yang 'premium' yaitu Sweety Gold Comfort Tape. Berbeda dengan size M merk lain untuk anak dengan BB 6-11 kg, size M Sweety ini untuk anak dengan BB 5-10 kg. Jadi tentu saja waktu saya cobain ke Guna1 polanya lebih kecil. Tapi masih ok, karena Gesang pun belum 10 kg.

Kesan pertama pas buka, wah gambarnya Hello Kitty. Luarannya itu lembuut, tapi gak kelembutan, jadi ok. Dalemnya juga. Daya serapnya ok. Tapi karena bagian atas belakangnya gak ada karet, jadi pernah sekali waktu, Gesang pup pas lagi duduk, jadilah meluber ke atas gitu. Kalau pipis aja sih selama ini gak pernah bocor ya. Terus, kalau dibanding yang lain memang ini lebih tebal, tapi buat saya sih gak masalah, malah lebih tebel yang Mamy Poko Extra Soft.



Nah,
kalau buibu sudah memutuskan akan mencoba produk yang mana, bisa pakai voucher dibawah ini untuk belanja online di toko oren nih! Lumayan kan ada potongan :D

Selanjutnya: 

Kesimpulan

Buat saya sih, yang terbaik itu Fitti Gold Tape. Kualitas bagus dengan harga yang lebih terjangkau. Merries Premium Tape kualitasnya sama kaya Fitti, tapi ya harga pasarannya lebih mahal. Mamy Poko Sensasi Lembut juga ok, meskipun lebih tebal. Untuk harian dan pemakaian sebentar, Sweety Gold Tape juga bisa jadi pilihan. Alhamdulillah, Guna1 gak ada masalah dengan pospak-pospak tersebut. Naah, kembali lagi ke masing-masing anak dan buibu yang menentukan yaaa. Semoga membantu! ;)


Atas-Bawah: Mamy Poko Sensasi Lembut - Pampers Active Baby - Merries Premium - Fitti Gold - Sweety Gold Comfort

1 Comentarios

  1. Terima kasih kak atas artikelnya berkat ini membuat saya lebih tau tentang popok dan mana yang lebih terjangkau dan saat ini mau coba beli rekomendasi kakak yaitu Fitti Gold Tape

    BalasHapus

Mau nanya atau sharing, bisa disini!