Mau Adopsi Orang Utan? Begini Cara Mudahnya!

Dalam postingan sebelumnya tentang THR anak, dibagian donasi aku sebutkan tentang adopsi orang utan yang dilakukan bersama lembaga BOSF (Borneo Orang utan Survival Foundation). Aku ajak anak-anak  untuk menyalurkan sebagian uang yang mereka dapat untuk orang utan. Ide ini muncul karena beberapa tahun sebelumnya aku pernah ikut event BOSF yang waktu itu ada di Jakarta. Melihat kepedulian dan komitmen mereka terhadap konservasi orang utan, aku jadi terdorong melakukan sesuatu.

Tahun ini, anak-anak sepertinya sudah mengerti tentang berbagi dan donasi. Walaupun hari pertama uangnya masih dibuang-buang, tapi hari selanjutnya uangnya sudah dikumpulkan. Meskipun gak paham dengan nominalnya, tapi mereka (khususnya si kakak) tahu kalau punya uang sendiri. Setelah aku pikir-pikir, uangnya gak perlu juga buat keperluan mereka, karena insyaAllah kalau butuh akan ada anggarannya. Selain berbagi secara fisik, dengan langsung isi kotak-kotak amal, gimana kalau uangnya untuk beri makan orang utan? Ini konsep baru buat anak-anak, karena uangnya kan ditransfer ya. Awalnya mereka tidak mengerti. 

Jadi uang yang kamu punya, dikasih ke bank, nanti dikirim sama bank-nya untuk dikasih ke orang yang merawat orang utan ini. Sama perawat orang utan ini, uang kamu akan dibelikan keperluannya seperti makanan atu obat-obatan atau mainannya juga. Begitu kira-kira aku jelaskan ke mereka.

Anak-anak yang umumnya senang pada binatang dan tahu orang utan ini jelas langsung tertarik dengan ajakanku. Setelah kebingungan soal pengiriman uangnya teratasi, aku ajak mereka melihat website BOSF ini, disana lengkap ada foto dan penjelasan yang cukup rinci dan sangat menarik. Bisa pilih bahasa (ID) atau english (ED) ya di paling atas. 


Ada youtube channel-nya juga!

Cara Berbagi untuk Orang Utan

Dalam website-nya ada banyak pilihan yang bisa kita lakukan untuk membantu konservasi orang utan ini. Mulai dari donasi, adopsi, belanja merchandise, sampai jadi relawan. Kalau untuk anak-anak ini aku pilih donasi, karena rasanya lebih personal sehingga excitement anak lebih tinggi. Proses anak melihat, membaca ceritanya, mengetahui keadaan satu orang utan itu, sampai akhirnya memutuskan untuk membantu salah satu dari sekian yang ditawarkan. Semoga dengan perasaan itu, lebih mudah bagi mereka belajar tentang kasih sayang dan kepedulian pada makhluk lain, khususnya orang utan.

Semua alternatif berbagi itu, bisa dilakukan di website-nya (kecuali relawan ya). Untuk donasi misalkan, ada berbagai pilihan seperti pembelian pakan, perawatan fasilitas, penanaman pohon sebagai penunjang kehidupan mereka. Semuanya mudah dan cepat. Bahkan bisa tanpa register akun dulu, pilih aja opsi guest kalau tidak mau repot isi form pendaftaran. 



Sedangkan pembelian merchandise bisa dilakukan langsung di website-nya atau melalui marketplace official store mereka di Shopee ataupun Tokopedia. Semua keuntungan dari penjualan tersebut, akan digunakan untuk konservasi orang utan yang dilakukan oleh BOSF.

Cara Adaptasi Orang Utan

Nah, untuk bagian adopsi. Sebenarnya, prosesnya sama mudah dan cepat dengan piihan lain. Bisa tanpa registrasi juga atau sebagai guest. Caranya:
- Masuk ke website orangutan.or.id
- Pilih menu adoptadopsi di kanan atas
- Muncul pilihan orang utan untuk diadopsi (nama, foto, cerita)
- Pilih adopsi orang utan yang diinginkan
- Pilih paket adopsi (1, 6, atau 12 bulan)
- Isi form tamu (atau sign in kalau punya akun)
- Pilih metode pembayaran yang diinginkan
- Selesaikan pembayaran
- Fasilitas paket akan dikirimkan ke email

Atau bisa lihat juga caranya di video reels instagram ini 

Ada sertifikat, foto eksklusif, dan cerita latar belakang orang utan yang kita pilih.
Dengan biaya yang cukup rendah, kita adopsi ini bisa menjadi alternatif yang sangat baik untuk penyaluran dana yang kita punya. Bisa juga sebagai media belajar anak tentang berbagi, peduli, dan semakin berkasih sayang pada sesama makhluk. Nantinya, masa adopsi ini bisa diperpanjang, atau dibulan berikutnya bisa diganti dengan orang utan lainnya. Seru dan (insyaAllah) bermanfaat, kan? Cobain yuk!


Salam, Nasha
 

 

0 Comentarios

Mau nanya atau sharing, bisa disini!