Rekomendasi Castile Soap & Shampo, yang Tidak Merusak Bumi juga Tidak Akan Merusak Tubuhmu

Things that don't harm earth, will not harm you.

Prinsip yang aku percaya sebelum memutuskan memilih sebuah produk khususnya perawatan tubuh. Apa yang tidak merusak bumi, juga tidak akan merusak tubuhmu. 

Produk yang berbedar di pasaran mengandung banyak campuran zat kimia yang bahkan sebagian besar kita tidak tahu apa arti saat membaca daftar ingredients-nya. Hanya paham khasiat produk yang diklaim oleh produsennya. Produk itu yang terus menerus bersentuhan dengan organ terbesar tubuh, yaitu kulit. Beruntung, sekarang banyak orang yang mulai mencari tahu dan berinisiatif meluncurkan berbagai produk yang diramu dari bahan-bahan alami. Mereka tidak tiba-tiba tahu, melainkan belajar dan mengembangkannya dari cara orang-orang di abad belasan lalu. Dengan semangat menciptakan produk yang baik bagi tubuh dan tidak merusak bumi.


Apa itu castile product?

Castile soap itu adalah sabun yang berbahan dasar minyak zaitun, bebas dari bahan kimia dan bahan hewani, dengan pembuatan awalnya dilakukan oleh masyarakat di kerjaan Castila, Spanyol dengan bentuk sabun batang. Dalam perkembangannya, ada bahan nabati lain disamping minyak zaitun yang ditambahkan seperti minyak castor, minyal almond, minyak kelapa, ataupun alpukat. Bastille soap mengacu pada produk sabun dengan bahan 70%-nya atau lebih adalah minyak zaitun, sementara castile soap sendiri menggunakan 100% minyak zaitun. Bentuknya pun mengalami perkembangan, yang awalnya berupa batangan sekarang banyak castile soap bentuk cair yang bisa ditemukan di pasaran, sudah lengkap dengan berbagai campuran wewangian pula. 

Untuk menambah wewangian dan khasiat dari sabun itu sendiri, banyak juga yang berkreasi dengan memasukkan essential oil dari berbagai tanaman seperti lavender, rose, jasmine, geranium, ylang-ylang, mint, basil, cedarwood, cinnamon, dan masih banyak lagi. Penambahan lemon, cuka, atau bahan yang bersifat asam tidak disarankan karena bisa menurunkan efektifitas dari sabun ini. Untuk tambahan wewengian ini juga bisa kita lakukan sendiri pada castile soap cair yang kita punya, seperti yang diunjukkan dalam laman dr. Bronner, salah satu brand castile soap mendunia ini.  

Sebenarnya produk castile soap ini bisa diaplikasikan dari ujung rambut hingga ujung kaki, bahkan berkat kandungan alaminya sabun ini juga bisa digunakan untuk membasuh luka guna mencegah infeksi. Bukan hanya tubuh tapi juga bisa dimanfaatkan sebagai pembersih barang rumah seperti pakaian, piring, ataupun perabotan. Namun, karena harganya yang relatif diatas rata-rata sabun yang beredar di pasaran, jarang orang menggunakannya untuk pembersih rumah. Sabun lerak dianggap lebih terjangkau dan sama-sama berkhasiat serta ramah lingkungan. 

Perbedaan mendasar dari castile soap dengan produk pasaran adalah bahan pembuatannya. Castile/ bastille soap dibuat dengan setidaknya 70% minyak zaitun, sisanya adalah bahan-bahan alami lain tanpa tambahan kimia sehingga tidak akan memiliki banyak busa seperti produk sabun pada umumnya. Tapi tenang, manfaat utama untuk mebersihkannya tetap terpenuhi kok, ditambah dengan wangi-wangi alami yang memanjakan hidung. Sabun lain di pasaran yang memiliki banyak busa umumnya mengandung agen pembersih bernama SLS (sodium lauryl/laureth sulfate) yang selain tidak bisa terurai di tanah dan mengotori lingkungan, juga dapat mengiritasi kulit. Bukan hanya SLS, dalam artikel Liputan6 memaparkan sabun-sabun biasanya juga mengandung bahan kimia berbahaya lain seperti dioksan yang ditulis dengan suku kata peg- seperti polyethylene, triklosan sebagai anti jamur, paraben yang digunakan untuk mengawetkan, diazolydinyl urea juga sebagai pengawet, seta pewarna dan pewangi buatan. 

Photo by Tabitha Mort in Pexels

Memang, tidak harus castile soap sebagai alternatif pembersih yang alami karena banyak produsen yang saat ini sudah mengeluarkan berbagai produk dengan klaim non sls, non paraben, non bahan-bahan kimia, serta vegan karena tanpa bahan hewani, ataupun bahan-bahan lain yang dapat merusak seperti disebutkan diatas, namun hingga sat ini castile soap masih menduduki peringkat kategori sabun terbaik untuk tubuh dan bumi. Karena ada kalanya produk tidak mengandung bahan kimia berbahaya, ternyata masih dibuat dengan minyak sawit misalkan, yang proses produksinya tidak ramah lingkungan dan justru menyebabkan kulit kering. Atau tidak menggunakan SLS namun masih mengandung bahan kimia penggantinya seperti ALS (ammonium lauryl sulphate), dengan struktur molekul yang berbeda namun tetap saja tidak ramah lingkungan. Disamping itu, banyak kok produk natural handmade yang memang dibuatdengan bahan alami dan tidak merusak lingkungan juga. Jadi tetap utamakan pilih yang alami, dan cermat dalam baca komposisi ya. 


Kelebihan Kekurangan

Bila dijabarkan, castile soap memiliki beberapa keunggulan dan kelemahan antara lain:

+ Bahan alami yang tidak menyebabkan iritasi

+ Ramah lingkungan karena mudah terurai

+ Efektif membersihkan dan melembabkan

+ Mampu membunuh kuman dan bakteri

+ Lembut untuk rambut dan kulit kepala

+ Tidak menghilangkan minyak alami rambut


- Minim busa

- Produknya belum banyak

- Harganya relatif lebih tinggi 


Rekomendasi Produk

Sebagai upaya agar produsen castile product bisa berkembang, berikut rekomendasi beberapa produk castile yang ada di pasaran (khususnya marketplace), yang diutamakan produk lokal. Beberapa dideretan atas merupakan produk yang aku pakai atau sudah pernah coba. 

Ailia Naturals

Ini salah satu store castile yang cukup lengkap menurutku. Karena sudah membagi atas castile soap dan castile shampo bahkan bahan tambahannya juga sudah disesuaikan dengan permasalahan yang ingin diatasi. Misalkan castile sopa dengan varian lavender, geranium, mint, dsb. Bukan hanya castile soap dan shampo, produsen asal Bali ini juga menyediakan produk hand sanitizer, essential oil, juga body mist. Lengkap! Sejauh ini, aku cocok dengan shamponya, apalagi dengan desain botol yang memudahkan pengaplikasian langsung ke kulit kepala, sesuai dengan rekomendasi penggunaan castile shampo. Menguatkan akar rambut, wanginya juga enak. Sayangnya cuma satu, ongkirnya lebih tinggi karena lokasinya.


Herbz Store

Mungkin produk ini lebih tepat disebut bastile soap daripada castile soap karena kandungannya bukan hanya minyak zaitun tapi dicampur dengan minyak kelapa. Awalnya hanya ada produk sabun, sekarang juga sudah ada shampo hingga minyak telon. Varian sabunnya juga cukup banyak dengan campuran wewangian dari minyak atsiri. Sabunnya cair, wanginya enak, di badan tidak terlalu keset juga tidak terlalu licin, cukup melembutkan akhirnya. Harganya relatif lebih rendah dibanding sabun castile dari produsen lain. Sayangnya, ini sangat pedih jika terkena mata. 


Jinawi.id

Toko ini juga cukup lengkap menyediakan berbagai produk pembersih yang alami, ada sabun, shampo, essential oil, hand sanitizer, sampai deterjen. Sabun yang unik ditawarkan adalah sabun susu kambing, sejauh ini belum ada di toko lain. Bukan hanya sabun cair, disini juga ada sabun batang dengan banyak varian. Shamponya juga dijual dalam bentuk batangan yang menghasilkan lebih sedikit sampah. Hampir sama dengan castile soap pada umumnya yang cukup wangi dan melembutkan, sabun jinawi ini sedikit lebih kental. 


Soaplab.id

Bukan hanya castile soap yang jadi dalam bentuk cair maupun batang, di soaplab juga ada berbagai bahan untuk pembuatan sabun handmade. Sabunnya sendiri punya beberapa varian yang dibedakan berdasarkan campuran minyak atsirinya, juga ada artisan handmade soap yang dibuat dalam berbagai bentuk. Sama dengan castile soap cair lainnya, sabun ini cukup cair, tidak keset, dan melembutkan. Harganya juga cukup terjangkau. 


Kun Anta!

Produk dalam toko ini memang tidak seragam toko sebelumnya, tapi varian untuk castile soap nya lumayan banyak dan punya klaim untuk atasi berbagai masalah kulit. Penjualan terbanyaknya ada di  castile soap untuk mengatasi jerawat, gatal, serta jamur dengan hero ingredients-nya tea tree, centela asiatica, eucalyptus, charcoal, dll. 


Maharati

Ada lebih dari lima puluh produk pembersih yang ditawarkan di sini, bahkan ada juga produk khusus bayi (tidak disebutkan apa perbedaannya seperti formula tidak pedih di mata, karena castile soap umum juga aman untuk segala usia). produk sabunnya juga punya banyak varian, bisa disesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan kita masing-masing. Bukan hanya untuk tubuh, tapi juga ada produk perawatan rumah, yang penting semua dibuat dari bahan yang alami.


Sekali lagi, pilihan untuk beralih ke produk alami ada di tangan kita. Tidak apa, tidak langsung semuanya, tapi sedikit-sedikit berangsur untuk meninggalkan lebih sedikit jejak di lingkungan. Kita mulai dari yang paling kecil, dari diri sendiri, lalu rumah sendiri, semoga bisa semakin luas dan dampaknya juga bisa semakin besar. Untuk diri untuk bumi.



Salam, Nasha.

0 Comentarios

Mau nanya atau sharing, bisa disini!