13+ Tanaman Pembasmi Polutan untuk Atasi Polusi dari Rumah

Pembahasan mengenai salah satu hak asasi kita yaitu udara bersih untuk dihirup tidak akan ada habisnya. Menuntut para pemangku kepentingan agar membuat ketentuan yang berefek besar sekaligus upaya mandiri melindungi diri sendiri. Menggunakan air purifier salah satunya untuk daerah dengan tingkat polutan tinggi dalam kategori tidak sehat. Daerah lain dengan kategori dibawahnya, dengan polutan kurang dari 100 bisa juga mengupayakan penjernihan udara secara alami yaitu dengan tanaman pembasmi polutan.

Tanaman secara umum memang berperan menghasilkan oksigen untuk kita hirup dari karbon dioksida hasil buangan kita. Namun, deretan tanaman berikut ini bukan hanya menyerap karbon dioksida, namun juga terbukti efektif menyerap zat-zat berbahaya lain yang ada di udara seperti benzena, zidena, toluena, TCE, amonia, dsb. Tentu tidak bisa dibandingkan sejajar dengan alat air purifer karena tanaman tidak bisa mendeteksi, tidak jelas pula kinerjanya, namun setidaknya bisa membantu kita mendapatkan udara yang lebih jernih dengan banyaknya tanaman di area tempat tinggal.

Ilustrated Picture


Baca juga: Rekomendasi Air Purifier Ratusan Ribu, Ampuh Tumpas Polusi dan Debu


Rekomendasi Tanaman Atasi Polusi

1. Lidah Mertua


Lidah mertua mampu menyerap debu, polusi, serta berbagai racun di udara seperti karbon dioksida, 
benzena, formaldehid, trichloroethylene, xylene, toluen. Tanaman ini termasuk jajaran atas tanaman yang direkomendasikan bukan hanya karena efektif membersihkan udara namun juga perawatanyang mudah. Bisa tahan di cuaca panas dan juga dianjurkan tidak sering disiram agar akarnya tidak membusuk. Lidah buaya juga hanya akan tumbuh meninggi sehingga tidak memakan banyak tempat. Ditampah pula tanaman ini bisa tumbuh dengan mudah, sehingga anakannya bisa dipindah ke tempat lainnya. 


2. Palem Kuning

Tanaman ini juga cukup mudah kita jumpai, cocok ditaruh di teras rumah karena pohonnya rindang. Dalam pot yang tepat, tanaman ini bisa tumbuh cukup besar, namun tidak akan begitu besar sehingga akan aman juga jika diletakkan di dalam rumah. Tanaman  ini dapat menyerap formaldehida, benzena, xilena, toluena, dan trikloroetilen dari udara di sekitarnya. Tanaman ini juga tahan panas dan mudah layu.


3. Palem Jari


Pembersih udara berikutnya datang dari saudara sesama palem, yaitu palem jari. Diberi nama demikian karena bentuk daunnya yang melebar seperti jari-jari. Tidak jauh berbeda, tanaman ini juga bisa menyerap formaldehida, ammonia, toluena, benzena, trikloretilen, dan xilena yang membuat udara menjadi lebih jernih untuk dihirup. Tanaman ini juga cukup rindang, tahan segala cuaca, serta mudah perawatannya. Hanya saja, daun pada palem jari hanya berwarna hijau.


4. Lidah Buaya


Ini merupakan jenis tanaman yang memiliki banyak manfaat, kesehatan juga kecantikan. Daunnya bisa untuk menyembuhkan luka, perawatan kulit, dan konsumsi untuk gejala penyakit. Selain itu, tanaman ini juga mampu menyerap berbagai jenis polutan seperti formaldehid serta benzena. Penanaman dan perawatannya juga tidak sulit, cukup disiram secara berkala dan diletakkan di area yang terkena sinar matahari. Bisa di sekitar jendela jika diletakkan di dalam rumah.


5. Pakis Boston/ Paku Gunung


Tanaman ini mudah ditemukan dan cenderung ditawarkan dengan harga rendah. Apalagi manfaatnya dalam menyerap berbagai polutan seperti xilena dan formaldehida, serta ketahanannya pada cuaca panas, menjadikan pakis boston cukup populer di masyarakat kita. Bentuk tanaman mungil yang membutuhkan paparan sinar matahari langsung dan siraman air secukupnya, rasanya tepat untuk menjadikan tanaman ini sebagai tanaman gantung yang menghiasi teras rumah kita. 


6. Sri Rejeki


Tanaman ini juga cukup mudah penanaman dan perawatannya. Anakannya bisa dipindahkan ke tempat lain dan jika irawat dengan baik akan tumbuh semakin subur. Memiliki kemampuan menyerap benzena, formaldehida, trikloretilen, xilena, dan toluena dari udara di sekitarnya, sehingga kita bisa menghirupudara yang lebih bersih dan segar. Apalagi warna daunnya yang kemerahan membuat tampilan rumah jadi semakin cantik. Tanaman ini sangat cocok disimpan di dalam rumah karena tidak memerlukan cahaya matahari yang berlebih dan hanya butuh disiram beberapa hari sekali.


7. Sri Gading


Ini juga jenis tanaman yang mudah dijumpai di rumah-rumah masyarakat Indonesia, baik di dalam maupun di luar ruangan. Dengan pertumbuhan merambat dan ukuran daun menyesuaikan media tanam, tanaman ini bisa menjadi pilihan penghias rumah dengan warna beraneka sekaligus pembersih udara. Tanaman ini terbukti mampu menghilangkan berbagai polutan seperti benzena, toluena, formaldehida, karbon monoksida, juga xilena dari udara. 

8. Krisan


Tidak terbatas pada tanaman berdaun-daun saja, tanaman berbunga juga bisa dimanfaatkan untuk membersihkan udara, salah satunya adalah tanaman bunga krisan. Bunganya mekar besar dengan warna-warna yang beragam, dijamin membuat tampilan ruangan jadi lebih indah. Tanaman ini mampu membersihkan udara dari berbagai polutan seperti benzena, formaldehida, trikloretilen, xilena, toluena, dan amonia. Hanya saja, seperti tanaman berbunga lainnya, tanaman ini dapat tumbuh lebih subur di area yang tidak terlalu panas. 


9. Peace Lily


Karena memiliki bunga berwarna putih dan tidak terlalu rimbun, tanaman ini akan membawa kesan damai pada ruangan. Mungkin itu juga sebabnya ia disebut lili perdamaian. Selain mempercantik ruangan, tanaman ini juga bisa menjernihkan udara dengan menghilangkan jamur, kotoran, serta racun-racun berbahaya di udara. Tanaman ini dirawat dengan tanah yang selalu lembab.  


10. Lily Paris

Tanaman ini cukup sering dijumpai di rumah masyarakat kita, karena penanaman dan perawatannya yang cukup mudah. Bentuk daunnya yang tipis memanjang seperti kaki laba-laba sehingga diberi nama spider plant. Tanaman ini bisa menyaring senyawa-senyawa berbahaya di udara seperti formaldehida, toluena, serta xylene yang berasal dari kertas, plastik, hingga karet di rumah. 


11. Palem Bambu


Masih dari keluarga palem, tanaman palen bambu ini juga dipercaya bisa menyaring debu dan racun-racun di udara, menjadikannya udara yang lebih jernih untuk kita hirup. Bentuk daunnya menyerupai palem kuning, tetapi berwarna hijau serta mampu tumbuh lebih ceoat dan lebih besar dibandingkan palem kuning. Untuk tetap segar, tanaman ini perlu disiram secara teratur. Bisa bertahan saat terkena sinar matahari langsung ataupun di dalam ruangan. 


12. English Ivy

Tanaman ivy merupakan jenis tanaman rambat yang memiliki tampilan menarik berkat bentuk daunnya yang unik. Tanaman ini tumbuh dengan cepat, bisa merambat ke seluruh permukaan tanah bahkan ke tanaman di sekitarnya, dengan catatan sinar matahari dan airnya cukup sesuai dengan kebutuhan. Tidak terkena sinar matahari langsung, tidak juga di tanah yang melulu basah. Tanaman ini dipercaya bisa menghilangkan berbagai partikel kootran di udara, daunnya pun bisa dimanfaatkan untuk berbagai keluhan kesehatan, lo!


13. Gerbera Daisy


Tanaman berbunga berikutnya adalah gerbera daisy yang direkomendasikan untuk membersihkan udara karena mampu menyerap berbagai polutan yang ada seperti formaldehida, benzena, juga trikloroetilena. Dengan bunga berwarna-warni, tanaman ini juga bisa sebagai penghias ruangan. Untuk tumbuh subur, tetap pastikan agar tanahnya lembab dan mendapat sinar matahari cukup. 


14. Ficus

Bukan hanya tanaman dengan daun juga bunga, ada juga tanaman lengkap dengan buah juga dapat dimanfaatkan untuk membersihkan udara yaitu ficus. Buahnya berwarna merah, yang dapat tumbuh subur jika kebutuhan air dan cahayanya terpenuhi dengan baik. Tanaman ini dapat hidup di dalam maupun luar ruangan dan mampu menyerap berbagai polutan seperti formaldehida dan benzena. Hebatnya lagi tanaman ini dapat menyerap kelembaban sehingga menghambat pertumbuhan jamur di sekitarnya. 


Tanaman Pembersih Udara Lainnya

Tidak terbatas pada deratan 13 tanaman diatas, ada banyak jenis tanaman lain yang dipercaya mampu membersihkan udara dengan menyerap berbagai zat berbahaya di udara. Bukan hanya karbon dioksida seperti tanaman pada umunmnya namun berbagai partikel zat beracun hingga debu di udara. Mungkin ini tidak dapat dijadikan langkah tunggal kita karena tidak ada pengukuran pastinya, namun setidaknya ini bisa membantu, apalagi pada daerah dengan angka polutan tidak tinggi. tanaman tersebut antara lain lemon butoon fern, dragon tree, wareckei, rubber tree, chinese evergreen, juga flamingo lily. 



Salam, Nasha

0 Comentarios

Mau nanya atau sharing, bisa disini!