Perpustakaan Ganesa, Alternatif Akhir Pekan Hemat Kaya Manfaat

Menyenangkan sekali rasanya, ada tempat yang disediakan oleh orang-orang yang memang peduli literasi dan dikelola oleh orang-orang dengan semangat sama. Saling bekerja sama untuk bertukar bahan bacaan, saling berbagi, dan merawat apa yang sudah dipunya. 

 


Setelah berkunjung ke Perpustakaan Kota Surakarta beberapa waktu lalu, dan pulang dengan perasaan mengganjal akibat tata kelola yang masih kurang dan aturan bahwa menjadi anggota hanyalah warga dengan KTP surakarta, jadilah kami berakhir pekan mencoba perpusatakaan yang dikelola swasta. 

Sebenarnya, saya sudah cukup lama tahu tentang Perpustakaan Ganesa ini, hanya saja lokasinya yang lumayan jauh dari rumah, membuat kami maju mandur. Namun ternyata, jarak yang ditempuh sepadan dengan apa yang kami dapatkan. Dikenalkan sebagai Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Ganesa, perpustakaan ini terletak di Jl. Raya Songgolangit No. 30, Gentan, Kec. Baki, Sukoharjo, tepatnya di dalam gedung lt.2. Perpustakaan ini sendiri buka Hari Selasa sampai Sabtu pukul 09.00 - 17.00 dan Hari Minggu 12.00 - 17.00. Tutup di Hari Senin dan hari libur nasional.


Tampak Depan Perpustakaan Ganesa


Menemukan lokasinya sama sekali tidak sulit. Ikuti saja arahan
maps yang ada, namun jika instruksi dari google mengarahkan ke pintu samping, faktanya perpustakaan ini hanya bisa dimasuki dari pintu depan. Berbentuk gedung ruko yang lumayan besar dari luar, sayang kendaraan roda empat tidak diizinkan parkir di dalam. Jadi kalau membawa mobil, parkir ya di luar pagar saja. Biasanya tidak begitu ramai, jadi aman.

Masuk ke areanya, kita akan disambut dengan kolam ikan di sebelah kiri dan pintu menuju lantai 2 di sebelah kanan. Langsung naik ke lantai 2, karena disanalah perpustakaan ganesa ini berada.

Ruang perpustakaan sudah dilengkapi dengan AC di seluruh bagian. Area anak dan dewasa dipisah oleh pintu geser, begitu juga buku-bukunya. Sehingga anak-anak bisa bebas bermain di area mereka tanpa mengganggu dewasa yang ingin konsentrasi membaca.


Pertama, letakkan barang bawaan ke loker yang sudah disediakan. Lalu silahkan pilih buku langsung di rak-rak yang sudah dikelompokkan dan tersusun rapi. Jika ingin lebih praktis, data buku yang tersedia juga bisa dilihat melalui komputer yang ada di depan pintu masuk. Bahkan, kita juga bisa merekomendasikan buku untuk diadakan di sana. Setelah memilih buku untuk dibaca, kita bisa pilih area untuk menikmati buku tersebut. Bisa menggunakan meja, atau duduk lesehan dengan bantal, atau sembari menemani anak membaca dan bermain. Iya, bermain.

Area anak di perpustakaan ini juga dilengkapi dengan aneka permainan, umumnya permainan kecerdasan yang berhubungan dengan buku, seperti puzzle, card, balok lego lengkap dengan berbagai figuran binatang. Anak dibatasi bermain lego dalam area yang sudah ditandai, sehingga mainannya tidak tercecer ke mana-mana. Anak yang ingin membaca pun tidak terganggu.


Koleksi bukunya cukup lengkap dari berbagai genre. Untuk anak-anak, bahkan ada majalah bobo dari puluhan tahun lalu. Buku ensiklopedia Bahasa Indonesia dan English, board book, komik, buku pengetahuan, buku hiburan, buku agama, kadang ada beberapa buku untuk satu judul yang disediakan. Buku-buku ini juga banyak yang merupakan sumbangan, tapi dalam kondisi yang masih sangat layak. 

Jika dibandingkan dengan Perpustakaan Kota Surakarta, Perpustakaan Ganesa ini jauh lebih rapi dan tertata. Sulit mengatakn mana perpustakaan dengan koleksi buku yang lebih banyak, namun koleksi buku Ganesa lebih terdata, tertata, dan lebih mudah ditemukan. 

Keistimewaan lainnya adalah siapa saja bisa menjadi anggota, tidak peduli domisili KTP di mana. Cukup mengisi formulir yang disediakan, lengkapi dengan kartu identitas (KTP/ SIM), lalu berfoto di tempat. Kita sudah bisa menjadi anggota dan berhak meminjam dua buku selama sepuluh hari. Jumlah buku yang dipinjam bisa meningkat seiring dengan lamanya keanggotaan kita. Durasi peminjaman juga bisa diperpanjang, dengan konfirmasi melalui WA. Mudah sekali bukan? Hebatnya lagi, itu semua gratis! Tanpa dipungut biaya apapun! Semoga limpahan kebaikan mengalir buat orang-orang yang berjasa dari balik sini.



Menghabiskan waktu di Ganesa ini sangat bisa dijadikan pilihan, untuk akhir pekan sekeluarga. Anak-anak dijamin betah, quality time dengan membaca buku apalagi mereka punya kesempatan untuk memilih buku yang mereka inginkan. Kalaupun mereka lebih tertarik dengan aneka permainan yang ada juga tidak apa. Setidaknya kita membiasakan mereka untuk akrab dengan lingkungan penuh buku, mudah-mudahan bisa menjadi cara untuk meningkatkan semangat baca mereka juga. Yuk, ajak anak senang membaca, salah satunya dengan rutin berkunjung ke Perpustakaan Ganesa!


Salam, Nasha

0 Comentarios

Mau nanya atau sharing, bisa disini!