Rekomendasi Multivitamin Anak: Blackmores, Nature's Plus, Swisse, Cukupi Nutrisi Harian Tingkatkan Daya Tahan

Mungkin kita sudah paham bahwa kandungan gizi atau nutrisi yang kita konsumsi sehari-hari sangat penting dalam menunjang kekuatan tubuh melawan virus atau bakteri yang betebaran di luar sana. Namun, ada kalanya kita tidak tahu kecukupan gizi sendiri atau makanan yang kita makan tidak mengandung cukup nutrisi sehingga perlu ditambahkan dengan multivitamin. Apalagi dengan kondisi belakangan, anak bolak balik sakit, rasanya konsumsi multivitamin semakiin diperlukan.



Multivitamin

Dapat dikatakan bahwa multivitamin adalah suplemen makanan yang mengandung berbagai jenis vitamin dan mineral, dengan tujuan untuk mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh, meningkatkan daya tahan, mencegah penyakit, serta mempercepat pemulihan. Dikatakan multivitamin karena sediaan ini bisanya mengandung tiga atau lebih jenis vitamin dan mineral dengan fungsi masing-masing yang berbeda, namun dengan tujuan yang dasarnya sama yaitu mendukung aktivitas tubuh. 

Perlu diketahui, setidaknya ada belasan jenis vitamin dan mineral yang perlu kita lengkapi sehari-hari, begitu juga anak. Vit A bukan hanya berguna untuk menjaga kesehatan mata, tapi juga untuk kulit. Vit B kompleks memiliki manfaat yang beragam mulai dari mendukung pertumbuhan, menjaga kesehatan otak, jantung, dan saraf, juga menghasilkan sel darah merah. Vit C mempengaruhi kinerja tubuh mengusir parasit serta menjaga kesehatan kulit. Vit D dibutuhkan tubuh dalam menjaga kesehatan tulan bersama salah satu mineral yaitu kalsium. Vit E akan menjaga tubuh dari kerusakan akibat serangan radikal bebas. Sedangkan Vit K bekerja demi menjaga kesehatan jaringan dan tulang serta mempercepat proses pembekuan darah.

Selain deretan vitamin tadi, ada berbagai mineral yang juga dibutuhkan tubuh, yang biasanya juga ditambahkan dalam suplemen multivitamin anak. Zat mineral tersebut antara lain adalah zinc, kalsium, selenium, magnesium, zat besi, fosfor, dll. Semuanya dibutuhkan tubuh dalam takarannya masing-masing yang biasanya disesuaikan berdasarkan usia serta aktivitas yang dilakukan setiap orangnya. Sehingga penting untuk kita benar-benar memahami berapa kebutuhan harian anak sebelum memutuskan menambahkan suplemen multivitami untuk mereka, karena ada beberapa jenis vitamin yang jika dikonsumsi berlebihan justru akan memberatkan kinerja organ tubuh dan justru tidak baik untuk jangka panjangnya.


Rekomendasi Multivitamin Anak

Sumber terbaik dari berbagai jenis multivitamin dan mineral tentu saja dari makanan 'sungguhan' yang kita masukkan ke badan, seperti daging merah, ikan, telur, sayuran hijau, buahan, biji-bijian, susu murni. Sayangnya, ada masa anak sulit makan atau hanya mengkonsumsi menu yang itu-itu saja sehingga pola makan gizi seimbang yang harusnya diterapkan menjadi tantangan yang berat dilakukan, atau aktivitas anak lebih banyak dari biasanya, sehingga kita memutuskan untuk menambah asupan gizi mereka melalui multivitamin.

Tidak apa, selama kita memahami beberapa pertimbangan sebelum memilih satu dari sekian banyak produk yang ada di pasaran. Pertama, selalu perhatikan keterangan pada label produk baik itu komposisi juga kandungan gizinya. Pastikan memberi multivitamin yang memang dikhususkan untuk anak. Lalu, sesuaikan dengan usia anak serta sesuaikan dosis dengan kebutuhan anak. Jika anak memilki kondisi khusus, sebaiknya konsultasika terlebih dahulu dengan dokter. Multivitamin anak biasanya ditawarkan dalam bentuk tablet hisap, kunyah (chewable), sirup, atau drop. Selain itu, ulasan dari Times ini, bisa jadi pertimbangan tambahan kita untuk memilih bahan pembuatan multvitamin tersebut, juga tambahan gula yang digunakan. 

  • Blackmores Koala Body Shield

Siapa yang tidak kenal brand asal Australia ini? Apalagi sejak akhir 2016 sudah terjalin kerjasama antara Blackmores Australia dengan Kalbe Indonesia dalam memasok berebagai jenis produk farmasi yang memungkinkan kita untuk lebih mudah mendapatkan multivitamin produksi Blackmores ini. Jadinya kita tidak perlu lagi khawatir karena sudah pasti produknya halal dan terdaftar BPOM. 

Saya juga memilih Koala Body Shield ini dengan pertimbangan nama Blackmores, klaim tanpa pemanis buatan, dan kandungan nutrisinya yang cukup lengkap namun tidak berlebihan. Produknya pun dipatok dengan harga yang cukup terjangkau dan sangat mudah didapatkan di apotek online maupun offline.

Anak-anak saya paling suka rasa jeruk yang diciptakan Blackmores ini, cukup manis sedikit asamnya. Tabletnya juga bisa dihisap dulu ataupun langsung dikunyah. Setiap botol kacanya terdiri dari 60 tablet kunyah dengan kandungan per satu tabletnya terdiri atas vit A, C, D3, K, dan juga Zinc.  

blakcmores koala


  • Swisse Ultivate Children's Multivitamin

Sama dengan  Blackmores, Swisse juga merupakan merk farmasi asal Australia. Bedanya produk yang ini belum tersedia dalam website resmi Indonesia-nya. Tapi, pembelian online dapat dengan mudah dilakukan dengan banyaknya penjual yang menyediakan produk ini.

Pilihan pada swisse ini dikarenakan kandungan nutrisinya yang terbilang banyak, apalagi jika dibandingkan dengan Blacmores tadi. Lalu, karena asal negaranya, serta sertifikasi halal yang didapat di negara-negarav lain yang sudah lebih dulu mengedarkan produk swisse ini. Dengan rasa alami jeruk, multivitamin ini juga akan dinikmati oleh anak, apalagi bisa dhisap dan dikunyah.

Harga botolannya memang lebih mahal dibanding blackmores koala, tapi isinya dua kali ipat, yakni 120 tablet per botol sehingga  jika dihitung per tablet, vitamin swisse ini lebih murah apalagi dengan kandungan 21 herbs vitamin and mineral seperti yang tertera pada kemasannya . Sayang sekali, anak saya tidak terlalu menyukai rasanya, karena katanya ini lebih asam. Padahal menurut saya rasanya sama saja dengan koala. 

swisse children's ultivate


  • Natures Plus Animal Parade

Masih dalam rangka mencari multivitamin dengan klaim natural yang mengandung banyak vitamin dan mineral, pilihan berikutnya jatuh pada produk asal Amerika. Tidak perlu jastip, karena produk ini sudah resmi beredar di Indonesia. Bisa didapatkan di official store distributornya, PT. Radiant atau official store Natures Plus ini sendiri. 

Tersedia dalam kemasan botol berisi 45 dan 90 tablet, jelas hitungannya lebih murah per tablet jika beli yang 90 tablet, tapi kalau untuk percobaan isi 45 juga tidak masalah. Sesuai dengan namanya, multivitamin ini hadir dalam bentuk binatang seperti harimau, singa, kuda nilm gaja dan tersedia juga dalam tiga rasa yaitu ceri, jeruk, dan anggur. Ini sangat meyakinkan untuk anak-anak sebenarnya, apalagi jenis nutrisi di dalamnya terbilang sangat lengkap ditambah dengan ekstrak sayuran asli. 

Sekali lagi, anak saya tidak suka. Sepertinya sudah nyaman dengan rasa si koala tadi, sehingga enggan mencoba-coba yang lain. Saya saja suka rasanya, apalagi yang anggur. Tidak asam sama sekali. Dibanding kedua multivtamin sebelumnya, harga natures plus ini memang yang paling tinggi, tapi masih masuk akal dan cukup terjangkau apalagi jika membeli kemasan 90 tablet.

natures plus animal parade


  • YouVit Multivitamin Gummy

Sepertinya saya mendapatkan youvit ini dalam penawaran khusus saat masa pandemi lalu. Karena saat itu anak-anak sedang mengkonsumsi blackmores koala, saya kurang memperhatikan bagaimana performa youvit ini. Rasanya sepertinya aman, karena saat itu anak saya belum bisa protes, jadi hanya dimakan tanpa menolak tapi juga tidak minta lagi. Namun setelah dicari tahu, ternyata lumayan juga.

Youvit sendiri adalah produk asal Indonesia yang baru berdiri tahun 2017 lalu, tapi jangan salah karena meskipun tergolong belia Youvit sudah berhasil membuktikan komitmennya dalam menciptakan multivitamin seimbang yang bisa dikonsumsi dengan cara fun, sehingga berhasil menjual puluhan juta sachet melalui ribuan store di seluruh Indonesia. 

Dengan harga yang sangat terjangkau, Youvit ini diklaim mengandung 10 vitamin dan 3 mineral yang dapat meningkatkan imun tubuh dan menunjang pertumbuhan. Amannya, gummy youvit ini dilengkapi dengan rasa dan pewarna alami dari ekstrak sayur dan buah asli yatu rasa stroberi, jeruk, dan nanas. 


  • Apialys
Saya mendapatkan apialys produksi Lapi ini dari resep dokter saat berkunjung mengeluhkan anak sakit. Bukan hanya dari satu dokter, tapi multivitamin ini berulang diresepkan mulai dari bentuk drop dan juga sirup setiap kali anak saya sakit. Meskipun begitu, pembelian apialys tetap bisa dilakukan secara bebas tanpa resep dokter. 

Informasi kandungannya tertera pada kemasan dan juga website store yang menyediakan produk ini, seperti kandungan vitamin dan mineral didalamnya yang diklaim dapat meningkatkan nafsu makan, meningkatkan daya tahan tubuh, serta membantu pertumbuhan tulang dan gigi. Untuk batita mungkin bentuk multivitamin dop dan sirup tidak masalah ya, namun untuk anak yang lebih besar sepertinya mereka akan lebih menyukai bentuk mutivitamin chewable.


  • Lain-lain

Selain kelima multiviyamin diatas, ada beberapa multivitamin yang  berdasarkan keterangannya sepertinya cukup bagus namun belum saya coba, salah satu alasannya tentu karena anak saya sangat condong ke Blackmores Koala. Beberapa multivitamin yang ada dalam daftar saya tersebut adalah Natures's Way Vita Gummis Multvitamin, Curcuma Plus Fruit Veggie, dan Wellness Children Multi Liquid. Semuanya sudah tersedia di pasar Indonesia dengan legalitas yang dibutuhkan sehingga lebih terjamin untuk anak.

Tidak cukup hanya multivitamin dan mineral untuk memenuhi kebutuhan harian anak sehingga kuat melawan berbagai penyakit, anak juga bisa dibekali dengan suplemen lain untuk     mendukung tumbuh kembangnya. Misalkan suplemen omega 3 dan DHA untuk mengoptimalkan perkembangan otaknya atau suplemen sinbiotik (kombinasi probiotik dan prebiotik) yang memperkuat pencernaan mereka sehingga dapat maksimal dalam penyerapan nutrisi yang masuk ke tubuh.


Kita juga bisa memberi aneka ramuan herbal pada anak tanpa takut efek sampingnya, seperti jamu atau air rebusan rempah-rempah. Untuk hari-hari, saya biasa membuat air campuran cuka apel+madu+lemon setiap pagi. Rutin meminum jamu dari berbagai bahan yang sudah dikombinasikan. Beberapa hari sekali, kami juga mengkonsumsi suplemen Atomy spirulina, probiotik 10+, maupun omega 3. Mana yang ingat dan anak ingin saja, karena utamanya tentu kandungan gizi dari apa yang mereka konsumsi sehari-hari. Semangat memenuhi nutrisi!


Salam, Nasha 

9 Comentarios

  1. Ada banyak macam vitamin untuk anak, ya? Sampai bingung kalau mau belinya. Pilih yang mana? Semua punya keunggulan masing-masing pula.

    BalasHapus
    Balasan
    1. banyak sekali kak, harganya juga bervariasi. akhirnya kita harus lebih jeli memilih, mana yg paling sesuai kebutuhan dan kondisi. kadang risetnya aja butuh waktu lebih lama daripada membeli produknya hihi

      Hapus
  2. Sepertinya multivitamin merk blacmores bagus ya, sudah banyak yang merekomendasikannya. Di rumahku adanya botolan sakatonik abc untuk si adikšŸ¤£

    BalasHapus
  3. Artikel yg bagus mba, samplingnya cukup variatif.
    Ada keterangan soal label halal kah mba? Khawatir sumber gelatin klo bentukannya chewable.
    Punya rekomendasi vitamin anak yg produk lokal mba (tidak impor)?
    Salam kenal ya mba, terima kasih sudah mampir ke blog saya sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba salam kenal jg :D
      itu sudah halal kok mba, hanya yg swisse baru halal australi. dari daftar itu, bentuk chewablenya bukan yg dari gelatin (setahu saya) krn modelnya mirip vitamin hisap kita yg keras lalu semakin mengecil saat dihsap gitu.

      Hapus
  4. Wah saya baru tau kalau Blackmores ada juga multivitamin versi anak-anak. Blackmores biasanya selalu jadi andelan buat saya dan istri untuk menjaga kekebalan tubuh.

    BalasHapus
  5. Blackmores ini bagus, saya dan keluarga juga konsumsi Blackmores. Minusnya cuma satu, mahal hehe. Tapi sangat worth it

    BalasHapus
  6. Seberapa pentingkah vitamin untuk anak ? Soalnya banyak banget jenis masa merek, tanda dari anak kita membutuhkan vitamin tambahan itu kayak gimna ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau mau akuratnya konsul lgsg ke dokter dgan cek darah ya kak, tapi kl kita sendiri bisa menyesuaikan tergantung kondisi. misalkan, saya akan minta anak makan vitamin kl cuaca lg kurang bagus, virus bertebaran, aktivtasnya lebih padat dr biasa, atau untuk mempercepat pemulihan. selain itu sih bebas, seingatnya mereka saja :D

      Hapus

Mau nanya atau sharing, bisa disini!